Jumat, 05 Juni 2009

Cakwee


Salah satu jajanan pasar yg saya suka adalah cakwe. Dahulu saya sering menginap dirumah tante didaerah Kalipasir. Setiap pagi saya sering menemani tante pergi ke pasar Poncol. Di pasar tradisional ini kita bisa mendapatkan banyak jajanan pasar yg enak dan berkwalitas. Biasanya saya membeli jajanan kue basah ( pepe, mangkuk, apem, talam, dll) di kios milik seorang enci², krn kue bikinan mereka benar² enak dan tradisional.

Jika acara belanja selesai, kita sering menumpang duduk di kios gado². Terkadang kita memesan gado
² utk dibawa pulang. Trus dibelakang penjual gado² berdiri gerobak penjual cakwe. Saya sering nongkrong disini jika tante belum selesai belanjanya. Saya sangat kagum melihat kecekatan si abang cakwe yg mempersiapkan dagangannya. Belum lagi jika melihat adonan cakwe yg digoreng dan mekar seperti bantal. Saya sering membeli cakwe ini utk dibawa pulang. Rasanya jangan ditanya....uenaaak, apalagi plus sambal kacangnya.

Ceritanya saya penasaran utk membuat cakwe sendiri. Setelah surfing, saya mendapatkan sebuah resep dari website dunia ibu. Semua petunjuk sdh saya ikuti tetapi ternyata hasilnya kurang memuaskan. Lalu resep saya modifikasi dgn mengurangi jumlah tepung dan menambahkan baking powder. Ternyata hasilnya cukup lumayan, rasanya juga enak apalagi dimakan bersama saus kacang. Memang sih cakwee olahan saya belum sebagus cakwee yg dijual di pasar Poncol, masih harus sering² latihan.
Bahan:
400 gr tepung terigu
1/2 bungkus baking powder (kira² 8 gr)
5 gr baking soda
10 gr gula
7-8 gr garam
230-240 ml air hangat kuku
Minyak untuk menggoreng (gunakan minyak yg cukup banyak)

Cara membuat:

1. Campur air, baking soda dan gula. aduk rata.
2. Sementara itu campur tepung, garam dan baking powder. Tuang air ke dalam campuran tepung sedikit dem sedikit sambil di aduk rata. Uleni adonan hingga kalis dan lembut. Tutup dgn plastik.
3. Biarkan adonan ditempat hangat selama 30-60 menit. Uleni sebentar dan tutup dgn plastik.
4. Diamkan adonan selama 10 jam atau lebih. jangan lupa tutup dgn plastik.
5. Uleni adonan sebentar, bentuk memanjang. Biarkan selama 30 menit dan tutup dgn platik.
6. Panaskan wajan.
7. Sementara itu potong adonan setebal 1/2 cm. Susun adonan, tekan sedikit dgn sebatang lidi atau tusuk sate. Tarik adonan sedikit, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.

Saus kacang:
300 ml air hangat
4 sdm kacang goreng ( bisa kacang tanah atau mede)
3-4 sdm saus lumpia
1 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
1-2 sdm vinaigrette (cuka)
sedikit gram dan gula sebagai penyedap

Cara membuat
1. Haluskan atau blender kacang.
2. Campur semua bahan kecuali vinaigrette. Masak hingga mendidih.
3. Masukkan cuka, aduk rata. Cicipi, apakah rasa sudah sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar