Senin, 05 November 2007

Kerang Rebus




Masakan sea food adalah salah satu kesukaan saya, entah itu ikan, cumi², rajungan maupun kerang. Kebetulan wkatu ke pasar saya ditawari oleh seorang pedagang seporsi besar kerang segar. Akhirnya ta' beli deh. Ternyata apa yg dikatakan penjual ikan memang benar, kerang tersebut benar² masih segar (cangkangnya masih tertutup). 

Katanya sih kalau kerang mentah yg bagus bentuknya hrs tertutup tetapi kalau dimasak hrs terbuka. Jika kerang yg sdh dimasak tdk juga terbuka berarti kerang tersebut tdk baik utk dimakan. Walaupun saya letakkan 1 malam di kulkas, tetapi tdk ada aroma amis saat saya buka kotaknya. Selain itu saya melihat dan mendengar sendiri, saat saya siram dgn air, banyak kerang yg mendesis dan terbuka, saat saya sentuh kemudian mereka menutup kembali....weleh².....rupanya kerang² itu masih hidup. Saya jadi merasa bersalah dan merasa seperti org jahat krn ingin merebus kerang yg masih hidup...wuuuaaahhhh...gimana ini ??!! saya memutuskan utk "break" sebentar.

Setelah hati tenang, saya putuskan utk mempersiapkan bumbu²nya yg terdiri dari:

1-2 bawang bombay, iris memanjang
1-2 bawang putih, dicincang
1 buah cabe merah besar, iris serong, buang bijinya
1 buah tomat uk sedang, potong kotak²
2 cm jahe, iris halus
4 cm kunyit, iris halus (bisa pakai yg bubuk)
daun seledri, iris halus
500 ml air kaldu ( bisa pakai 1 sdt kaldu instan kalau bisa yg sayuran + air )
sedikit lada dan garam
sedikit minyak utk menumis.

1. Panaskan panci, tumis bumbu satu persatu kecuali daun seledri.
2. Masukkan kerang, air kaldu, lada bubuk dan garam.
3. Rebus kerang hingga matang, jgn lupa utk membalikknya.
4. Terakhir, jika kerang sdh matang dan siap disantap, taburi dgn irisan daun seledri....mmmm....aroma dan rasanya sedap deh.


Tidak ada komentar: