Kamis, 06 Desember 2007

Paprika Filling with Meat

Sejak 3 hari ini saya senang sekali makan paprika, baik yg bentuknya lonjong ( yg ini aroma paprikanya terasa sekali) maupun yg bulat. Tentu saja saya membeli paprika-nya yg bersegel "bio" (biologis). Beberapa hari yg lalu saya melihat sebuah acara di tipi yg membuat saya hrs berhati² jika membeli paprika. Di acara tersebut diberitakan bhw banyak parika yg mendptkan semprotan pestisida yg melebihin batas normal, supaya hasilnya terlihat bagus, segar dan cerah (sesuai dgn keinginan konsumen). Biasanya paprika ini didatangkan dari spanyol (baca: tdk semua). Oleh krn itu, saya anjurkan utk membeli sayuran dari produk lokal. Jika produk lokal tdk ada stok terpaksa coba memilih produk bio saja.

Paprika yg saya beli dicampur dgn zuchinni dan kentang, diberi minyak oliv (kalo ada tambahi pula dgn bbrp tetes minyak oliv pedas), lada, garam dan bbrp jenis rempah, lalu saya panggang didlm oven. Rasanya sangat enak. Berhubung saya masih mempunyai stok sayuran ini, saya tertarik utk memcoba paprika isi daging giling.


Bahan:
3-4 buah Paprika bulat atau 5-7 buah paprika ukuran memanjang
500 gr daging giling
1 buah bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih cincang halus
1 butir telur uk besar
100 gr nasi matang
1 sdm paprika bubuk (bisa yg pedas + manis)
1/2 sdt oregano
Thymian, irisan basilikum atau rempah lainnya yg anda suka (peterselie, 7 kräuter Fuchs, dll)
lada dan garam

Utk Saus:
1 kaleng saus tomat -bukan ketchup loh (bisa tomat segar dan diblender)
250-300 ml air kaldu sapi (bisa Fond atau sejenisnya)
1 sdt gula
1 sdm butter
1 sdt paprika bubuk jenis pedas
1 sdt tepung terigu
lada, garam dan sedikit rempah yg anda suka

Cara membuat:
1. Panaskan oven dgn suhu 190-200°c.
2. Campur daging giling, bawang bombay, bawang putih, bumbu², telur serta nasi, aduk rata. Jika ingin mengetes apakah sdh cukup garam, anda bisa mengambil sejumput, lalu menggorengnya.
3. Potong bag atas Paprika, bersihkan bag dalamnya dan bolongi sedikit bag bawahnya. Isi dgn adonan daging giling. Jika daging bersisa, bisa dibikin perkedel, digoreng dan nanti dimasak bersama saus tomat.
4. Panaskan wajan, beri butter, biarkan meleleh. Tuang tepung terigu, aduk rata hingga kecoklatan. Masukkan saus tomat, paprika bubuk dan air kaldu. Aduk rata.
5. Beri lada, garam, gula serta rempah². Masak sebentar, cicipi apakah rasanya sdh sesuai.
6. Susun paprika didlm mangkuk tahan panas, tuang saus dan perkedel yg sdh digoreng (optional). Panggang selama 40 - 50 menit.

1 komentar:

linae mengatakan...

aku baru tau kalo paprika dr spanyol banyak semprotan pestisida nya, hiks. tu paprika aldi (3 biji satu bungkus) hasil dari spanyol. thanks info nya, lain kali ane lebih ati² lagi ;)