Rabu, 06 Oktober 2010

Sambal Kentang Kering Teri


Kebetulan hari ini tidak ada orang dirumah...yippiiieee....akhirnya bisa masak yang agak² bau, apalagi kalau bukan ikan asin serta bawang goreng. Kalau bawang goreng adalah pesanan si abang sejak lama yang baru hari ini bisa daku kerjakan. Setelah itu siap menggoreng kentang. Akhrinya sambal kentang-teri selesai, rasanya enak. Tetapi saat ini saya harus mandi dulu karena seluruh badan dan baju tercium aroma bawang goreng, kentang serta ikan teri.


Bahan:
1 kg kentang, kupas dan potong kecil² spt korek api

1-2 bungkus ikan teri medan, cuci dan tiriskan

6-8 cabai merah besar (buang bijinya, bisa semuanya atau sebagian)

8 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3-4 sdm santan kental
sedikit gula sedikit garam (cicipi dahulu krn teri medan rasanya sdh cukup asin)
Minyak utk menggoreng kentang


Cara Membuat:
1. Setelah kentang dipotong cuci 2-3 kali, rendam dlm air.

2. Goreng kentang hingga kuning kecoklatan /kering, tiriskan dgn kertas.

3. Goreng teri hingga kering dan matang, tiriskan.
4. Jika minyak terlihat agak butek, coba goreng sisa potongan kentang yg ada utk menetralkan aroma dan warna minyak.

5. Goreng sebentar cabai, bawang merah dan bawang putih, angkat. Blender bumbu sampai halus.

6. Ambil minyak sisa sebanyak 5 sdm, tumis bumbu halus hingga harum, beri gula, aduk rata.

7. Tuang santan, masak dgn api kecil dgn matang dan agak sedikit mengering.

8.Masukkan teri yg sdh digoreng, aduk rata, cicipi apakah rasa asin sdh cukup.

9. Masukkan kentang kering, aduk rata.

10 Voila....sambal kering kentang siap untuk disajikan.


7 komentar:

umi zahra' mengatakan...

Mba Ida, kalau saya bikin sambal goreng kering biasanya mlempem deh mb. Karna kan ada kandungan airnya, (santan) gimana tuh? Ada saran? Terinya pake teri segar (teri nasi) bisa kali ya? Hehe.. Thx ya

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Umi Zahra,
mungkin kentangnya kurang kering atau sambalnya masih byk mengandung air. Santan yg dipakai disini hrs santan kental ya mbak dan sambal digoreng hingga spt ada seratnya (jgn sampai terlalu kering sih ya).Alhamdulillah stok sambal kentang saya tidak melempem tuh mbak. Saya tdk tahu mbak apakah kalau pakai teri segar sambal bisa tahan lama, krn saya sendiri belum pernah mencobanya.

umi zahra' mengatakan...

mba ida, apa bentuk potongan kentangnya ngaruh kepada keawetan renyahnya ya?
Bbrp x bikin renyah cm b'tahan sehari. Aq bikin kotak tipis2. Aq tambah tempe dan tempenya awet renyah tuh mba. Ada saran ga? Hehe.. Thx ya..

umi zahra' mengatakan...

ohya lupa.. Aq pake santan instan lho mba.. Kentangnya kering n renyah kok

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Umi Zahra,
saya rasa potongan kentang tdk mempunyai pengaruh selama kentang digoreng kering dan renyah. Disinipun saya pakai santan siap pakai tp bukan instan, jadi saya bisa mengambil pati santannya. Menurut saya lebih baik anda jgn memakai santan instan, krn disini yg dipakai yaitu pati santan (santan kental). Saya tdk tahu apakah santan instan dpt dipisahkan antara air dan pati-nya krn saya tdk punya pengalaman dgn santan instan.

umi zahra' mengatakan...

hallo.. Jgn bosen dg saya ya..
Emm.. Yg saya maksud santan instan itu ya santan siap pakai itu kok mba.
But, step by step sy ikuti petunjuk n membuat dg hati riang tanpa was was, horeeyyy.. Sambal goreng sy jd n awet renyah. Sama persis bentuknya dg hasil yg mba ida tampilkan. Tp mmg sih sdkt menggumpal (kebanyakan bumbu sepertinya) but, it doesn't matter, smbl greng tetap renyah.. Thx ya.. Teruslah berkarya..!!!

Unknown mengatakan...

syukur lah mbak Umi zahra kalau akhirnya berhasil, semoga sambal bisa tahan dan tetap renyah ya...