Kamis, 05 Januari 2012

Yakitori no alcohol



Sebenarnya sudah lama saya ingin mencoba membuat yakitori tetapi enteh kenapa baru sekarang kesampaian. Saya baru menyadari bahwa di dalam resep original Yakitori dibutuhkan 2 jenis alkohol untuk membuat saus perendamnya, yaitu mirin dan sake.
Karena saya tidak ingin ekstra membeli mirin dan sake, akhirnya saya mencoba untuk menggunakan bahan yang lain, yang memang ada didapur saya.

Hasil dari percobaan ini rasanya cukup enak tetapi saya kurang puas dgn tekstur daging ayamnya. Saat daging baru diangkat dari panggangan rasanya memang enak. Tetapi jika didiamkan untuk beberapa saat ( saat sate sudah dingin) , tekstur dagingnya menjadi agak mengeras, tidak kenyal seperti jika kita membeli yakitori beku/frozen.

Bahan apakah yg mereka gunakan untuk membuat daging tetap kenyal ? apa benar dgn memakai baking powder, daging dpt menjadi kenyal ? mungkin diantar pembaca blog ini ada yg dpt memberikan input ke pada saya.


Bahan:
500 gr filet ayam, potong kotak²
2-3 batang daun bawang, potong 2-3 cm
100 ml white balsamico( vinegar), cari yg mild atau dpt pakai cuka dari beras
100 ml kecap asin
3 sdm kecap manis
2 sdm madu
1 sdm minyak goreng
sedikit lada
2 siung bawang putih, haluskan
beberapa tusukan sate


Cara membuat:
- campur balsamico, kecap asin, kecap manis, madu, minyak dan bawang putih. Masak hingga cairan tinggal setengahnya, sisihkan hingga dingin.
- Masukkan daging ke dalam saus marinade, diamkan minimal selama 1 jam.
- Ambil tusukan date, susun daging dan daun bawang secara selang-seling.
- Panggang sate sebentar, setelah itu baluri dgn sisa saus yg ada, panggang kembali. Lakukan proses ini sebanyak 2x.

7 komentar:

an mengatakan...

yakitorinya enak sekali kelihatannya mbak :) kalo di Jepang selain sake, memang ada resep pake baking powder.
1 sendok baking powder dan 1 sendok air dicampur, oles di 400g daging yang sudah dipotong2,remas-remas. tambahkan bawang putih, jahe, 1 sendok makan kecap asin, sake(bisa diskip) sedikit gula, sedikit garam. bungkus pake plastik, diamkan di kulkas selama 30menit, baru masak.
ada resep lain supaya daging tetap lembut, daginnya direndam dengan sedikit gula, diamkan di kulkus selama 1 hari sampai 2 hari. di freezer juga bisa.

Unknown mengatakan...

Hallo An,
terima kasih banyak atas info & tips-nya ya. Insya Allah, weekend ini akan saya coba resep yg pakai baking powder dulu.

Anonim mengatakan...

Akhirnya, baking bluenya udah ilang. Kayaknya tu yakitori enak deh mbak. hehehe. Makin mantep food-fotographynya.

Unknown mengatakan...

Hallo dik Khrisna,
iya nih, mudah2an sdh gak malas lagi. Rasa yakitorinya lumayan enak kok. Weekend kemarin bau bikin lagi tuh (dagingnya dilumuri baking soda dulu), langsung ludes tuh.

Unknown mengatakan...

mba ida hallo.. saya coba bikin saus nya beberapa kali itu campurannya sama cuman saya ada yg di ganti yaitu pake cuka beras.. nah kenapa jadi beda ya sausnya setelah di simpan lama malah jadi enak.. yg saya tanyakan kenapa saus yg saya bikin slalu cuka berasnya terasa sekali walau cuman 1 sendok teh saja gmn cara mengatasi nya yah? tolong di kirim ke email saya ya mba dekieniion@gmail.com

Anonim mengatakan...

daging yang dilumuri baking soda apa tidak berpengaruh soal rasanya nanti mbak?
oya baking sodanya ditambah air atau langsung dalam bentuk bubuk lalu dlumuri ke daging ya mbak?

Unknown mengatakan...

dear mbak Anonym,
baking soda-nya dicampur dgn bumbu. soal rasa tdk akan berepngaruh kecuali daging menjadi sedikit agak kenyal dan tdk kering. trik ini banyak digunakan di resto china, mereka melumuri irisan daging (sapi, ayam, kambing, dll) dgn campuran baking soda dan sedikit maizena.