Senin, 09 Juni 2014

Cake Apricot Tenggelam

Sebenarnya cake ini berisi buah apricot kaleng yang dibelah dan disusun diatas adonan. Jika diperhatikan bentuk buah apricot jadi terlihat seperti kuning telur utuh yang hampir tenggelam. Cake ini merupakan salah satu kesukaan kita. Sangat enak sebagai teman saat menikmati teh hangat di sore hari. Cara membuatnya sangat mudah dan tekstur cakenya juga sangat moist.


Bahan:

150 gr gula
175 gr tepung terigu, ayak rata
1/2 sdt vanili
1 sdt baking powder
120 gr butter suhu ruangan
125-150 ml susu cair, suam² kuku
4 butir telur ukuran besar
sedikit garam
1 kaleng besar buah apricot, tiriskan

cara membuat:
1. Campur tepung dan baking powder. Lalu siapkan loyang, olesi dengan butter dan taburi tepung atau bisa juga loayang dialas dgn kertas roti.
2. Pisahkan antara putih telur dan kuning telur. Kocok putih telur dgn garam hingga berbusa, lalu masukkan sebagian gula, kocok hingga gula tercampur. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dengan sisa gula hingga kental dan agak memutih. Tuang secara perlahan butter cair, aduk rata. lalu tuang susu hangat, aduk rata. Taburi campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk balik. Terakhir masukkan kocokan putih telur, aduk perlahan dan merata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang. Susun buah apricot diatas adonan, setelah itu bisa juga taburi dengan serpihan kacang almond (optional).
5. Panggang dalam oven ynag telah dipanaskan antara 170-180°c selama 40 - 50 menit hingga kuning ke coklatan. Jika sudah matang, angkat kue dari loyang, biarkan hingga dingin. Setelah itu jika suka


dapat ditaburi dgn gula halus.




2 komentar:

JuneBug mengatakan...

wah ini yang dicari
terima kasih ya udah berbagi resepnya

Blog

Unknown mengatakan...

Hallo dik Taufik,
silahkan dicoba resep-nya, mudah²an rasanya cocok dengan selera kamu. kalau ada tips atau saran, jangan sungkan untuk berbagi. selamat mencoba...:)