Sabtu, 19 November 2016

Sup Tangkar Betawi


Sudah lama sekali saya tidak pernah mencoba memasak sup ini karena saya jarang melihat ada tulang iga muda. Sup Tangkar adalah sup kesukaan almarhum ayah dan kami sekeluarga. Karena sangat suka dengan tulang iga muda, saya bahkan sampai mencarinya hingga ke pasar Senen ( dahulu kami tinggal di daerah Senopati ).

Alhamdulillah waktu main ke S'market, saya melihat ada tulang iga muda. Yipiieee....impian makan sup Tangkar jadi kenyataan.


Bahan:
1 kg iga sapi muda, cuci dan tiriskan, lalu potong² sesuai selera
5-8 cabai merah
10 siung bawang merah ( bisa lebih jika suka)
8 butir kemiri
2 siung barang putih
1-2 sdm ketumbang, disangrai
1 sdt Lada
1/2 sdt jinten, disangrai
4 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 tangkai Sereh, bersihkan dan memarkan
 2-3 iris Lengkuas, memarkan
sepotong kunyit (optional), saya tidak pakai krn stok-nya habis
garam dan gula secukupnya
sedikit minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya

 Cara membuat:
1. Haluskan semua bumbu, kecuali lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk.
2. Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk, aduk rata.
3. Setelah itu masukkan potongan tulang iga muda. Aduk rata bersama bumbu².
4. Kecilkan api, lalu tuang air hangat sedikit demi sedikit. Masak tulang dgn api sedang.
5. Cicipi, apakah rasa kuah sesuai dengan selera.





Tidak ada komentar: