Senin, 11 Februari 2008

Ayam bakar Padang


Resep ini saya ambil dari Sedap Sekejap, tetapi bumbunya saya lebihkan supaya rasanya lebih mantap. Ternyata sangat leckerrrr.....saya aja makannya sampai nambah. Semua bumbu saya blender termasuk dauh sereh dan cengkeh, kecuali daun jeruk . Truz, ayam saya masak dgn api kecil, makan waktu sedikit lama tetapi bumbu bisa meresap dgn baik ke dlm daging ayam (penggorengannya ditutup tp diganjal sedikit dgn sodet ato sendok kayu ya...).

Bahan:
1 ekor ayam ato bag yg anda suka, potong²
1 sdt air jeruk nipis ( saya pakai 1-2 sdm air jeruk Lemon)
1 sdt garam
2 cm kayu manis ( 1/3 sdt kayu manis bubuk )
2 butir cengkeh2 batang serai, memarkan ( klo saya diiris halus )
5 lembar daun jeruk
500 cc santan encer ( bisa dilebihkan sedikit 600-650 cc )
200 cc santan kental
3 sdm minyak utk menumis (saya pakai 2 sdm)
Bumbu halus:

8 siung bawang merah ( 10-12 siung )
5 siung bawang putih
3 butir kemiri ( 5 butir )
4 buah cabai merah ( 5-6 buah, sebagian buang bijinya )
1/2 sdm ketumbar ( 2 sdt ketumbar halus )
1/2 sdt lada
2 cm kunyit (1-1 1/2 sdt kunyit bubuk, tergantung selera)
2 cm jahe
1/4 sdt jintan ( saya tdk pakai )
gula (optional )
garam

Cara membuat:
1. Bersihkan ayam, lumuri dgn air jeruk dan garam. Sisihkan sebentar.
2. Blender semua bumbu kecuali daun jeruk (klo pakai jintan, harap disangrai dahulu lalu diulek halus).
3. Tumis bumbu halus dgn minyak sampai harum. Masukkan ayam, aduk² sebentar. Tuang santan encer, masak dgn api kecil hingga santan tinggal sedikit. Cicipi, apakah rasa kuah sdh ok.
4. Kemudian tuang santan kental, masak hingga kuah agak menyusut tetapi jgn sampai kering krn nanti bisa dipakai utk mengoles saat membakar atau saus utk nasi.
5. Setelah itu ayam siap utk dipanggang /bakar.


4 komentar:

Rozie mengatakan...

salam kenal buat ida....
boleh saya link blog kamu?

Unknown mengatakan...

Terimakasih sdh mampir Pak Rozie, monggo...silahkan di Link.

Cake2u mengatakan...

salam ida,blog anda menarik & saya suka dgn resepi ini...boleh translate Kemiri & jahe dlm english,saya dari Kuala Lumpur.

Unknown mengatakan...

Hallo Nuyui,
bahasa inggris Jahe: Ginger, sedangkan Kemiri: Candle Nut. Selamat mencoba yah, mudah²an kamu suka.