Jumat, 08 Februari 2008

Ikan Bakar


Hari ini saya mencoba utk membuat ikan bakar, apalagi kebetulan dirumah lagi kosong, jadi saya bisa bebas utk memasak sesuatu yg agak berbau. Saya memilih ikan jenis Dorade krn daging dari ikan ini berwarna putih dan tdk lembek.
Saya mencoba meracik bumbunya sesuai dgn bahan² yg saya miliki. Hasilnya cukup enak, apalagi dimakan dgn nasi putih panas plus sambal goreng terasi dan lalap sayuran....mertua lewat juga bisa dicuekin deh (he..he...he..).

Bahan:
1 buah ikan Goldbrasse ato Kakap putih
2-3 sdm air jeruk Lemon / Nipis
1/2 sdt Ketumbar bubuk
1/2 sdt Kunyit bubuk ( kalau suka bisa dilebihkan)
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih, haluskan
2-3 sdm mentega, cairkan
1 sdm sweet sour souce ( ato pakai sambal kesukaan Anda )
1 sdt Kecap manis

Pelengkap:
Nasi putih, sambal goreng terasi serta lalap sayuran

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan dari sisiknya dan buang bag isinya. Kerat ikan sebanyak 2x.
2. Campur air jeruk, garam, ketumbar, kunyit dan bawang putih. Rendam ikan didlm larutan ini selama 1 jam
3. Panaskan oven utk Grill. Pasang bag yg berjaring dan tataki bag bawahnya dgn baking paper ato alumuniumfoil (khusus utk oven), supaya air tetesan tdk mengotori bag bawah oven.
4. Panggang ikan hingga setengah matang.
5. Campur mentega cair dgn sweet sour souce dan Kecap. Olesi ikan yg sdh 1/2 matang. Panggang hingga kecoklatan.


1 komentar:

nug mengatakan...

untung mertua kagak lewat ya da... kalo pas lewat teruz dicuekin bisa dipecat jadi menantu hehe...
ikannya kynya garing n bumbunya meresap ... aku ga pernah tuh beli dorade .. jadi pengen cobain deh..