Kamis, 11 Desember 2008

Bethmaennchen


Ide untuk membuat kuker ini tercetus dari suami karena saya sendiri belum pernah mendengar, melihat atau mencoba kuker ini. Menurut cerita, katanya dahulu saat suami masih kecil, setiap kali menjelang natal, oma dan ibu mertua sering membuat kuker ini. Semua anggota keluarga menyukai Bethmaennchen ini. Kalau suami mah jangan ditanya karena dia ini pecinta marzipan yg merupakan bahan utama dari kuker ini. Akhirnya saya surfing utk mencari resep yg mudah.


Ada 2 resep pilihan utk dicoba, dimana salah satunya saya ambil dari wikpedia. Semua bahan utk kuker sdh sejak lama saya beli. Semalam saya mencobanya, voila.....kritik dari mertua dan suami ternyata memberikan 2 jempol. Saya bersyukur ternyata percobaan resep ini berhasil. Sekedar info bhw kuker ini tdk crispy, didlmnya agak lembab sedikit krn komposisi marzipan yg cukup banyak.


Bahan:
200 gr marzipan, biarkan disuhu ruangan
100 gr kacang almond yg masih ada kulitnya
1 butir telur, pisahkan putih dan kuning
50 gr gula halus
20 gr tepung terigu
1-2 sdt Rose water (beli di apothek)
sedikit vanili bourbon ( ide dari saya)
1 sdt susu cair

Cara membuat:
1. Bersihkan kacang almond dari kulitnya dgn cara merendamnya didlm air mendidih. Angin²kan sebentar kacang yg baru dikupas. 1/2 dari kacang almond dihaluskan, sebagian lagi digunakan utk hiasan ( belah almond menjadi 2).
2. Campur marzipan dgn almond halus, aduk rata dgn tangan. Setelah itu masukkan putih telur dan rosen water, aduk rata dgn menggunakan kocokan spiral. Kemudian masukkan gula halus dan tepung, kembali aduk rata. Biarkan adonan sebentar ditempat yg dingin. Tekstur adonan sangat lengket.
3. Siapkan loyang, alasi dgn kertas roti. Olesi tangan anda dgn tepung, ambil adonan sebesar lereng dgn bantuan sendok teh, bentuk bulat sebesar kelereng.
4. Susun adonan bulat diatas loyang, kemudian tekan butir adonan dgn 3 jari hingga berbentuk 3 lengkungan disekeliling adonan. Tempeli lengkungan tersebut dgn kacang almond. Olesi adonan dgn kuning telur yg sdh dicampur susu.
5. Panggang dlm oven dgn suhu 130-150°c antara 18-25 menit atau hingga kuning kecoklatan.






3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, keknya enak banget nih, mau dong Bethmännchen nya... huhuhu... rasanya gurih legit kah? jd pengen bikin... aihhh... sampe lupa nih!
met taon baru 2009 ya, semoga taun ini membawa limpahan berkah Tuhan, amin...

Exotic_Cuisin3 mengatakan...

Dear Ida,
Salam kenal ya. Aku dpt blog-mu dr nge-browsing and I'm very impressed. I want to add you into my contact list, too.

regards,
Sinar

Unknown mengatakan...

@Linae: sorry berat ya Lin kalau gw baru baca komentar ini. Dulu pengunjung dpt nulis comment tanpa password, jd gw gak tahu kalau ada yg nulis disini, sekali lagi sorry ya...

@Exotic Cuise3: saya juga mohon maaf kalau baru balas comment kamu, terimakasih sdh mampir dan silahkan kalau ingin nge-link blog ini.