Jumat, 17 Juli 2009

Otak-otak


Beberapa tahun yg lalu saya pernah membuat otak² dimana resepnya mencontek dari tabloid Nova. Rasa otak²nya lumayan, hanya saja rasa ikannya kurang menendang. Nah, kali ini saya mencoba lagi tetapi komposisi resep saya ubah. Menurut saya rasa otak²nya sekarang sudah lebih enak. Tetapi jika anda mau lebih terasa ikannya tentu saja jumlah ikan bisa ditambahkan.

Bahan:
700 gr filet ikan
150 gr tepung sagu
1 sdt garam (bisa lebih)
1/2 sdt gula (bisa lebih)

3 helai daun bawang, iris tipis ( tip dari saya)
1/2 sdt lada bubuk (tip dari saya)
100 ml santan
1 butir telur uk besar
Daun pisang utk membungkus

Cara membuat:
1. Haluskan/hancurkan ikan hingga lembut.
2. Campur semua bahan, aduk rata.
3. Utk mengetahui apakah rasanya sudah ok, saya menggoreng sedikit adonan.
4. Bungkus adonan dgn daun pisang. Setelah ini anda bisa langsung membakarnya atau bisa juga dikukus terlebih dahulu, baru kemudian dipanggang.


Saus kacang:
4 sdm kacang mede (bisa pakai kacang tanah, hanya saja dilebihkan sedikit)
250 ml air matang/hangat
3 sdm saus lumpia botolan
2 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
garam dan gula secukupnya
1 sdm cuka

Cara membuat:
1. Blender kacang dan air hingga halus.
2. Campur semua bahan kecuali cuka. Masak dgn api sedang hingga benar² tercampur dan sedikit mengental. Tuang cuka. Cicipi apakah rasanya sudah sesuai selera.


Tidak ada komentar: