Minggu, 12 Juli 2009

Uli Bakar


Waktu saya membuat ketan serundeng ternyata menyisakan ketan yg cukup lumayan. So....berhubung orang rumah tidak menyukai ketan (krn lengket sekali katanya), akhirnya sisa ketan saya bikin menjadi uli. Kebetulan saya masih punya kelapa segar. Sebenarnya saya lebih suka jika Uli bakar dimakan bersama tape ketan hitam. Sayangnya saya tidak punya, jadi si Uli bakar saya makan (klo kata orang betawi mah, dicocol ) dgn serundeng kelapa yg dicampur dgn sedikit gula pasir. Suer.....enak loh, apalagi setelah menggigit uli trus kita menyeruput teh hangat. Cocok deh utk mengusir hawa dingin yg datang beberapa hari terakhir ini.


Bahan:
300 gr Ketan, rendam min 1 jam
170 - 200 ml air
1 lembar daun pandan
1 sdt garam (bisa lebih)
100 gr Kelapa parut

Cara membuat:
1. Aroni ketan hingga setengah matang.
2. Sementara itu masak air, daun pandan dan garam. Matikan api
3. Masukkan ketan aron ke dalam air, aduk rata. Biarkan hingga air menyusut dan kering sambil sesekali ketan di aduk.
4. Kukus kembali ketan hingga matang. Anda bisa juga mengukus kelapa parut sekalian.
5. Selagi ketan masih panas, campur dgn kelapa dan dihaluskan/ditumbuk ( sebelumnya cicipi apakah rasa garam sudah cukup). Setelah itu cetak uli, biarkan hingga dingin. Uli siap utk dipotong sesuai selera.
6. Panggang uli hingga kecoklatan. Uli siap utk di santap.


Tidak ada komentar: