Selasa, 13 September 2011

Dadar Gulung Hijau


Berhubung dirumah lagi sepi, kemarin saya iseng bikin kue dadar. Resep saya ambil dari NCC, tetapi berhubung saya sedang tidak punya santan jadi posisi santan saya ganti dgn susu cair plus ditambah mentega cair (soalnya kan tdk pakai snatan).
Trus unti atau filling nya saya bikin hanya dikira² saja, gulanya saya kurangi sedikit sambil ditambah daun jeruk karena tidak ada daun pandan.

Rasanya cukup enak, dapat menutup perut yang keroncongan di sore hari apalagi ditemani teh hangat....sedaaap deh.


Bahan Kulit:

250 gr tepung terigu
2 butir telur
500 ml santan
1/2 sdt garam
3 sdt gula pasir ( optional..saya)
2 tetes pewarna hijau
minyak goreng untuk olesan

Bahan Isi:
1/2 butir kelapa ( saya- rendam sebentar dlm air)
150 gr gula merah/jawa, sisir halus
2 lembar daun pandan (bisa juga daun jeruk-saya)
100 ml air (saya tdk pakai)



Cara membuat:
1. Campur terigu, garam, gula, aduk rata. Tuang santan/susu, aduk dengan whisk hingga rata. masukkan telur, aduk rata. Terakhir masukkan pewarna dan mentega cair (jika anda pakai susu), aduk rata. Diamkan sebentar.
2. Sementara itu buat fillingnya. Campur semua bahan, lalu masak dgn api kecil hingga adonan agak mengering.
3. Panaskan wajan, olesi sedikit dgn minyak. Tuang adonan sambil dibentuk seperti dadar, masak hingga matang.
4. Setelah itu, ambil selembar kulit dadar, isi dengan filling lalu digulung seperti menggulung lumpia atau risoles.


Komentar:
- menurut saya sih jika anda memang mempunyai santan, lebih baik memakai santan daripada susu cair. Rasanya akan lebih gurih dan adonan juga tidak mudah kering.

2 komentar:

Alice mengatakan...

hhmmm... my fave :)

Unknown mengatakan...

Hi Alice,
ternyata ada banyak kesamaan selera diantara kita. Thanks sdh mampir.