Selasa, 14 Februari 2012

Home Made Vanilla Ice Cream I



Sebenarnya saat ini masih musim hujan dan suhu tentu saja masih agak dingin, tetapi berhubung saya ingin sekali makan ice cream, akhirnya saya jalan ke dapur untuk melihat isi kulkas. Kebetulan mangkuk mesin ice sudah saya letakkan di freezer sejak beberapa hari, jadi dalam beberapa jam ke depan ice sudah dapat diputar.

Memang lebih mudah jika kita membeli ice cream di super market tetapi coba anda lihat isi bahan²nya, apakah kita mengerti dengan bahan yang ada dan kode² bahan kimianya. Lebih baik repot sedikit di dapur untuk keluarga tercinta dan kita juga mengetahui isi dari makanan yang akan kita makan.

Menurut saya dan suami, rasa ice cream ini sangat enak dan lembut. Cara membuatnyapun sangat mudah. Disini untuk melembutkan tekstur ice cream, saya menggunakan kuning telur. Jangan khawatir....kuning telurnya saya masak/dipanaskan karena saya pribadipun tidak suka memakan telur mentah.


Bahan:
300 ml susu segar/ cair
75 gr gula pasir ( bisa lebih jika ingin rasa yg lebih manis)
3-4 kuning telur ( tergantung besar kecilnya)
1 batang vanili (fresh)
200 ml whipped cream cair

Cara membuat:
1. Tuang susu dan sebagian gula ke dalam panci.
2. Belah dua vanili, kerat dan ambil bagian dalamnya. Masukkan ke dalam susu cair bersama batangan vanili. Masak dgn api kecil hingga gula meleleh (kalau bisa susu jgn diaduk-aduk). Angkat dari api, biarkan hingga suhu agak turun. Angkat batang vanili.
3. Di dalam baskom metal, tuang kuning telur dan gula, kocok hingga rata. Kemudian kocok adonan ini diatas air panas hingga kental dan suhunya juga panas (minimal 70 °c). Angkat sebentar adonan ini dari panci, lalu tuang sedikit susu hangat kedalamnya, aduk rata. Perhatikan bhw susu cair suhunya hangat, jgn terlalu panas krn jika susu terlalu panas, adonan kuning telur dpt menggumpal. Setelah itu tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Kemudian masak kembali campuran ini diatas air panas sambil dikocok hingga adonan mengental. Lalu angkat, biarkan hingga suhu agak dingin dan dapat dimasukkan ke dalam kulkas untuk beberapa jam /hingga dingin.
4. Sementara itu kocok whipped cream hingga kental. Jika adonan telur-susu sudah dingin, campurkan whipped cream kocok ini ke dalamnya, aduk rata.
5. pasang mesin ice cream sesuai petunjuk. Tuang adonan ice ini ke dalam mesin....voila...dalam beberapa menit ke depan vanila ice impian menjadi kenyataan....mmmm...leckerrrr...

4 komentar:

Azlita Aziz mengatakan...

Salam kenalan dari saya ida..
Menarik resep di blog ini..

bila senang boleh ya jika saya coba..

Azlita

Unknown mengatakan...

Hallo sis Azlita,
salam kenal kembali sis. Silahkan dicoba resepnya, semoga kamu suka dengan rasanya.

linae mengatakan...

setuju mpok! enakan bikin sendiri dan tau bahan² dari ice cream yang kita buat. rencana tahun ini ane mo buat ice cream sendiri, tapi pake mesin pembuat ice cream, dulu pernah bikin manual pake stabmixer ampe rusak tu mesin :((

Unknown mengatakan...

iye mpok Linae, klo punya wkt memang lebih baik kita meracik sendiri makan utk kel, terutama utk anak2. Sep...deh, ditunggu ye percobaan ice creamnya, jgn lupa kirim kemari juga :).