Selasa, 27 November 2012

Mpek-mpek Kapal Selam


Sebenarnya dulu saya pernah membuat mpek-mpek, resep seingat saya diambil dari sebuah tabloid. Hanya saja saya lupa untuk membuat fotonya. Kali ini saya mencoba membuat kembali dengan resep yang saya kumpulkan dari beberapa sumber dan dimodifikasi kembali. Menurut saya, rasa mpek-mpeknya cukup enak, tidak keras dan rasa ikannya juga masih cukup menendang.


Bahan A:
1 kg filet ikan, bersihkan dari kulit dan tulang
100-150 ml air
1 butir telur uk sedang

Bahan B:
50 gr tepung terigu
4 sdt garam
2 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
200 ml air

Bahan C:
700 gr tepung sagu (jika tdk ada pakai tapioka)
100 gr tepung maizena

Saus:
1,5 L air
500 gr gula merah
10 cabe rawit (bisa dicampur dgn cabe merah), haluskan
8-10 siung bawang putih, haluskan
75 - 100 gr asam jawa
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campur semua bahan B, aduk rata. Kemudian masak hingga kental spt bubur sum-sum. Sisihkan di tempat yg sejuk.
2. Haluskan filet ikan, campur dengan air dan telur, aduk rata.
3. Jika adonan B sdh dingin, campurkan dengan adonan A dan bahan C. Aduk hingga rata dan kalis. Sisihkan adonan selama 1 jam.
4. Adonan siap dibentuk menjadi mpek-mpek kapal selam atau adaan (bisa ditambahkan dengan irisan daun bawang).
5. Jika selesai dibentuk, rebus adonan hingga beberapa menit (kalau saya hingga 1/2 matang saja). Setelah itu mpek-mpek saya kukus. Maksudnya, agar supaya telur didalamnya matang dan komposisi bahan tidak terbuang percuma di dlm rebusan air.

Untuk Saus:
Campur semua bahan, kemudian direbus. Cicipi apakah rasanya sesuai dengan selera.
Setelah itu, kuah dapat disaring.



1 komentar:

weather station mengatakan...

mantap banget deh, dicoba ya resepnya