Selasa, 11 April 2017

Bistik Lidah Sapi


Berhubung dirumah hanya saya sendiri yang berani makan lidah sapi, akhirnya lidah sapi saya olah menjadi 2 menu. Salah satunya yaitu Bistik Lidah. Mungkin sekitar 25 tahun yang lalu pertama kali saya makan lidah sapi saat diundang makan oleh seorang teman. Setelah itu tidak pernah sama sekali.
Karena penasaran, akhrinya saya mencoba memasaknya.
Cara merebus Lidah sapi sudah saya tulis di posting sebelumnya. Untuk resep bistik lidah, saya dapatkan dari adik tercinta.

Bahan:
1 Lidah Sapi yang sudah direbus
750 ml kaldu lidah sapi (dari hasil rebusan)
1 butir bawang bombay, kupas dan iris memanjang
3-4 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
5-6 sdm saus tomat
seujung pisau parutan biji pala
1/3 sdt lada halus
1 butir cengkih
garam secukupnya
1-2  sdm butter/margarine

Cara membuat:
1. Potong² lidah Sapi dengan ketebalan sekitar 0,5 cm atau sesuai selera
2. Panaskan wajan, goreng lidah sapi sebentar hingga agak sedikit kecoklatan. Angkat, letakkan ditempat yang hangat (misalnya dalam oven).
3. Tumis bawang bombay denga sisa minyak yang ada di wajan hingga harum, lalu tuang saus tomat, kecap manis dan asin serta bumbu halus lainnya, aduk rata. Setelah itu tuang kaldu lidah sapi. Masak hingga tercampur rata, cicipi apakah rasanya sudah sesuai selera. Masak hingga kuah agak sedikit mengental atau jika dapat pula anda beri sedikit tepung maiznea yang sudah dicairkan dengan sedikit air.
4. Sajikan Bistik Lidah dengan setup sayuran yang anda inginkan.




Tidak ada komentar: