Minggu, 23 April 2017

Sambal Teri Hijau


Belum pernah saya memasak daging atau ikan dengan basis cabai hijau. Ceritanya saat menginap dirumahseorang  teman saya disuguhi masakan nasi merah dengan lauk teri sambal hijau serta Palu Mara ( agak mirip seperti pindang ikan Bandeng orang Betawi). Tadinya saya cenderung ingin mencoba Palu Mara, karena saya baru mendengar nama masakan ini. Tetapi rupa²nya mata saya lebih terpesona dengan sambal teri hijau.

Dengan memohon maaf kepada tuan rumah, saya menambah beberapa kali masakan sambal teri hijau yang ditutup dengan mencoba masakan Palu Mara. Akhirnya karena penasaran, saya membuat sambal teri sendiri dirumah. Ada 2 versi untuk membuat sambal ini yaitu, cabai hijau segar yang langsung diulek kasar dan satunya yaitu cabai hijau dan beberapa bumbu dikukus terlebih dahulu. Untuk sementara saya memilih yang terakhir, yaitu versi yang dikukus.

Jika cabai anda kukus, warna cabai akan berubah , tidak hijau segar lagi. Kalau dari rasa menurut saya enak. Lain kali akan saya coba dengan cabai hijau tanpa dikukus.

Bahan:
200 gr ikan Teri ukuran sedang
250 gr cabai hijau ( silahkan jika ingin lebih)
2 bawang bombay ukuran kecil, kupas ( bisa pakai bawang apa saja)
2 siung bawang putih, kupas
2 sdm perasan air jeruk Lemon atau Nipis
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan Teri dari kepalanya, lalu cuci bersih dan ditiriskan.
2. Sementara itu kukus cabai hijau, bawang bombay dan bawang putih
3. Ulek cabai dan semua bawang secara kasar
4. Panaskan wajan, goreng ikan Teri sampai harum ( tidak perlu terlalu kering), angkat.
5. Tumis bumbu halus dengan minyak yang tersisa hingga harum, beri gula, sedikit garam dan air jeruk. Kemudian masukkan teri yang sudah digoreng, kecilkan api, aduk rata dan cicipi.







Tidak ada komentar: