Senin, 15 Oktober 2007

Nastar


Jenis kuker yg satu ini jarang saya buat karena dirumah tidak ada peminatnya.  Alhamdulillah ketika menghadapi hari raya Idul Fitri kemarin, saya mencoba utk membuatnya, ceritanya supaya terasa suasana di hari Raya nanti.

Biasanya saya memakai resep kue nastar dari sedap sekejap, tapi kali ini saya mencoba resep dari blognya Pak Budi, hanya saja saya tambahkan sedikit keju cheddar parut. Urutan cara pembuatan Nastar saya agak berbeda sedikit dgn resep Budi. Memang nastar yg saya buat tidaklah mulus, kuenya agak retak², ini mungkin krn saya memberikan sedikit baking powder. Tetapi rasanya boleh juga loh....buktinya kuker ini laku keras di pertemuan kemarin.


Bahan:
250 gr tepung terigu
30 gr tepung maizena
200 gr margarine (saya pakai butter)
60 gr gula halus
20 gr susu bubuk
2 butir kuning telur
1/4 sdt garam halus
50 gr keju parut cheddar (optional)
seujung pisau baking powder (optional)

Isi:
selai Nanas

Olesan:
1-2 kuning telur dicampur sedikit susu cair

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, maizena, susu, garam dan baking powder, sisihkan.
2. Tuang kedlm baskom margarin dan gula halus, kocok dgn mixer spiral hingga tercampur rata ( pakai nr.terrendah). Kemudian masukkan kuning telur, kocok rata.
3. Setelah itu tuang keju parut dan sedikit demi sedikit campuran tepung. Kocok dgn mixer hingga semua adonan habis dan tercampur.
4. Bentuk adonan seperti kelereng, pipihkan dan isi dgn selai nanas. Jika suka bisa dihias dgn cengkeh atau potongan kismis.
5. Olesi kuning telur. Panggang didlm oven dgn suhu 150 °c hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.

Tips:
- Biasanya kuning telur saat dioles keatas adonan yg siap utk dipanggang agak susah/tidak mau menempel. Oleh karena itu ada baiknya nastar dipanggang sebentar, baru setelah itu diolesi kuning telur. Insya Allah hasilnya akan lebih baik. Sayangnya saya lupa utk mempraktikannya saat membuat nastar ini.


3 komentar:

mlandhing mengatakan...

mbak, pinjem gambar nastarnya ya... untuk pelengkap posting di http://langsungenak.com

semoga tidak keberatan...

Anonim mengatakan...

Ida salam kenal. Saya Miming, sdh sering mampir ke blog kamu tapi baru kali ini kasih komentar. Saya sdh buat kastengel dan nastar, enak. Cuma yg nastar kurang dari 3 minggu sdh bulukan mungkin krn saya masukin kekontainer dlm keadaan hangat. Lain kali saya coba lagi. Pertanyaan utk nanasnya apakah Ida blender atau parut? Juga apakah Ida pernah buat pia isi coklat/keju yg kayak Pia Legong Bali tuh? Thanks a lot ya.

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Miming,
benar, kuker harus matang dan suhunya sudah netral/dingin jika akan dimasukkan ke dalam toples/kontainer. Nanas saya parut dgn menggunakan parutan keju. Saya belum pernah melihat dan mencoba Pia Legong Bali. Coba nanti akan saya cari infonya. Thanks sdh mampir dan tulis komentar.