Kamis, 04 Oktober 2007

Sayap Ayam Paprika-Nanas


Salah satu bagian dari Ayam yg menjadi favorit saya adalah bagian sayap, krn menurut saya niiih rasa dagingnya lebih gurih walaupun cuma sedikit (krn bentuknya yg kecil dan bertulang).
Sebenarnya saya juga suka makan ceker ayam loh, cuma mana bisa disini masak yg begituan. Wong utk mendapatkannya aja sangat susah, selain itu bisa² kita akan mendapatkan pandangan yg aneh dari org² sekitar (ditukang ayam ato S'market) dan yg paling parahnya bisa² suami kabur dari dapur dan saya deh.

Sekedar cerita tambahan: thn lalu ceritanya saya ingin membuat sate ayam madura. Menurut resep tertulis diantara tusukan daging ayam hrs terselip lemak ayamnya. Saya teh binun, dimana mencari lemak ayam. Akhirnya wkt ke pasar tradisional saya datangi kios ayam dan bertanya ttg lemaknya. Si Penjual mengerutkan dahi, naaah...daripada lama² melihat mimik wajah penjual yg aneh, saya bilang aza bhw saya mo coba sebuah resep yg membutuhkan lemak ayam. Akhrinya saya diberi sedikit lemak ayam, waktu mo dibayar dia nggak mau....hi...hi..hi......aciiik dapat gratis.

Bahan:
10 sayap ayam, potong menjadi 2
1 sdm air jeruk lemon
sedikit garam, lada serta bawang putih bubuk
1/4 bagian Nanas, bersihkan dan potong kecil²
1 paprika kecil warna hijau, potong memanjang
1 paprika kecil warna merah, potong memanjang
1 bawang bombay, iris memanjang
4 sdm saus tomat
2 sdm kecap asin
1 sdt saus cabai
1 sdt pasta tomat (optional)
1 sdt gula atau madu
300 ml air kaldu ayam
minyak utk menggoreng

Cara membuat:
1. Cuci sayap, tiriskan. Lumuri dgn air jeruk lemon, garam, lada serta bawang putih bubuk. Diamkan selama 1 jam.
2. Goreng sayap hingga kuning kecoklatan.
3. Ambil sedikit minyak bekas menggoreng sayap. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan paprika, aduk sebentar. Setelah itu masukkan saus tomat, saus cabai dan pasta tomat, aduk sebentar.
4. Tuang air kaldu, beri lada, kecap asin, garam serta gula. Masak sebentar hingga agak mengental. Cicipi apakah sdh sesuai selera.
5. Terakhir masukkan buah nanas dan sayap ayam. Masak sebentar. Siap utk dihidangkan.


Tidak ada komentar: