Selasa, 02 Oktober 2007

Tantangan selanjutnya

Salah satu jenis kue basah yg saya suka adalah bika ambon. Sayangnya cukup sulit utk mendapatkan kue ini dgn rasa yg ok punya. Kebanyakan bika ambon yg dijual dipasaran rasanya begitu² saja, bahkan terkadang suka agak keras . Wkt mudik kemarin saya sempat putar² di psr Senen ( bukan psr subuhnya ) utk mencari kue bika yg ok, tp ndak ketemu. Dahulu saya pernah menemukan bika ambon yg rasanya sangat enak, warna kue agak pucat (krn tdk pakai pewarna), pakai hiasan kacang kenari, teksturnya lembut dan rasanya uendang...alias mak nyoss.

Langganan saya adalah seorang enci yg khusus hanya menjual kue bika ini, beliau berdagangnya di pasar kue subuh Senen. Saya tidak tahu apakah pasar kue subuh ini masih ada ato tdk, krn sdh lamaaaa sekali saya tdk pernah ke sana dan saya juga tdk tahu apakah si enci ini masih berjualan disana. Selain bika ambon, tetangganya si enci ada yg menjual empek² dgn berbagai bentuk, rasanya juga sgt enak, ikan tenggirinya terasa sekali. Yg menarik adalah bentuk empek²nya sgt mungil.


Selama tinggal disini, saya pernah merasa kangen dgn kue yg satu ini ( bika ambon ) hingga akhirnya saya memesan adonan instant di TI dari produk Pondan. Rasanya lumayan deh. Cuma saya tidak mau tergantung dgn produk instant dan ini akan menjadi tantangan berikutnya. Resep kue bika sudah saya dapatkan, terus terang saya agak kaget juga dgn jumlah telur yg diperlukan. Sepertinya 1 cetakan imut membutuhkan 1 butir telur, itu artinya...mmmm.....cukup berbahaya bagi kadar kolesterin didlm darah. Tapi apa boleh buat, demi kue kesayangan akan saya coba, toh saya bisa bekukan sisa kue itu dan memakannya dikala perlu. We will see......

So sekarang saya mo kabur ke dapur dulu, soale mertua ada pesan kue Brownies. Untung aza semua bahan ada dirumah soale sejak bbrp hari ini cuaca kurang bersahabat, jadinya malez utk berbelanja ato keluar rumah.



Tidak ada komentar: