Minggu, 18 November 2007

Nasi Kebuli


Minggu lalu saya mentraktir suami tercinta makan di resto Arabesque, resto arab milik Ibu Dominique dan suaminya Herr Amer Odeh (asli org arab). Kebetulan si abang kenal dgn Dominique saat jaman ABG, jadi wkt masuk kesana biasa deh...ngobs cerita² tua. Interior diresto ini benar² dibentuk ala nuansa negeri 1001 malam, dgn paduan warna² merah redup, biru serta kuning. Ada pojokan sekedar tempat minum/ngobs/ngumpul dan merokok pipa air- shisha (masih boleh merokok didlm ruangan tdk ya..??? ), pojokan sekedar minum teh dan tempat makan bersama keluarga.

Kita cukup puas dgn rasa Shoarma di resto ini. Yg terasa enak adalah nasi arabnya. Si abang sangat menyukai jenis nasi yg satu ini. Truz esok harinya dia ingin sekali membuat nasi arab ini dan mulai mengusik saya utk mencari resepnya. Dia berkata, kalau saya bisa memasak nasi arab, dia yg akan memasak daging ala Shoarma. Lah...saya juga binun mecari resep ini krn tdk tahu nama makanan tersebut. Apalagi setahu saya nasi arab kan ditumis pakai minyak samin, dimana saya mesti membeli jenis minyak yg satu ini. Akhirnya saya surfing resep sana-sini, dapat bbrp jenis resep tp binun mo mencoba yg mana.

Truz...katanya niiiih minyak samin bisa diganti dgn ghee, refot la yau. Akhirnya daku membuat ghee sendiri deh, yaitu dari mentega yg dimasak agak lama hingga menjadi cair dan jernih, kemudian baru disaring. Resep nasi Kebuli saya ambil dari Ibu Fatmah Bahalwan, tp ada sedikit ditambahi.

Nasi Kebuli

Bahan :
500 gr beras
600 ml air panas (bisa kaldu kambing atau kaldu gulai kambing)- (klo saya di lebihkan sedikit airnya)
2 sdm minyak samin /margarin ( saya pakai 3 sdm ghee )
1/8 sdt pala bubuk
4 bh kapulaga
4 btr cengkeh
1 ruas kayu manis
2 btg sereh, memarkan (saya tdk pakai)
100 gr kismis/kurma potong dadu (saya tdk pakai)
1 sdt pasta tomat (sekedar tambahan saya)

Bumbu halus :
4 btr bawang merah
3 btr bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt lada
½ sdt jintan putih
1 ruas jahe
1 sdm garam

Cara membuat :
1. Panaskan minyak samin, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan beras, aduk rata hingga beras hangat, tuangi air panas aduk, masukkan bumbu rempah, dan kismis aduk rata.
2. Kecilkan api dan biarkan hingga air terserap dan beras menjadi aron.
Kukus selama 20 menit, hingga matang. Angkat sajikan.

Menurut pendapat saya, rasa nasi ini cukup enak tp bumbunya kurang menendang. Rasa nasinya lain daripada nasi arab yg kami makan di resto Arabesque. Apa krn saya tdk memakai kaldu utk memasaknya jd rasanya kurang uhuy gicu ??? Uwe kurang menyukai nasi yg saya buat (payoyeh deh si abang), mau tdk mau saya hrs memakannya sendiri . Untung aza saya hanya mencoba 1/2 resep...kalau tidak....bisa gembul deh.
Saya masih mempunyai jenis resep yg lainnya tp nasinya dimasak dgn daging kambing, sedangkan uwe kurang menyukai daging kambing. Lain kali akan saya coba deh dgn menggunakan daging ayam, entahlah...rasanya masuk atau tidak ya ?????

2 komentar:

linae mengatakan...

huaa...tadi aku comment tp ngga bisa, ternyata harus login dulu ato gimana ya?
eh, gimana kabarnya? aku bolak balik ke blog satunya kok ngga bisa ya? susah, hiks...apa sudah drop?
btw, aku juga pengen bikin nasi kebuli, mas ku dari dulu udah request tapi ane males banget bikinnya, ntar² mulu...hahaha...

mantapbo mengatakan...

Wah kayanya enak nasi kebulinya nyummi..