Minggu, 30 November 2008

Setup Salmon saus kuning telur


Sebenarnya saya tdk terlalu suka dgn jenis ikan yg ini krn menurut saya ikan ini mempunyai aroma yg khusus. Sesekali memang saya mencoba utk memasaknya, sekedar utk variasi jenis masakan yg saya asup. Kali ini saya mencoba memasak setup ikan Salmon. Rasanya enak, apalagi saus busanya.
Bahan:
1-2 potong ikan Salmon segar
1 sdm perasan air jeruk lemon
1 iris jeruk lemon, bersihkan dari kulitnya
lada dan garam secukupnya
sedikit butter sbg olesan
1 sdt daun estragon, cincang (bisa pakai yg kering)

Saus:
1 kuning telur uk besar
sedikit lada bubuk
sedikit garam
45 ml air kaldu ikan
1/2 sdt maizena


Cara membuat:
1. Cuci ikan, beri perasan air jeruk, lada dan garam.
2. Ambil sehelai kertas alumunium, olesi dgn butter. Letakkan ikan salmon diatasnya, beri sedikit butter ,irisan daun estragon serta potongan jeruk lemon.
3. Bungkus ikan, siap utk dimasak. Anda bisa memasaknya dgn cara mengukus selama 20-25 menit (tergantung besar/tebalnya ikan) atau bisa di panggang dlm oven.
4. Sebagai teman makan, anda bisa merebus kentang, setelah matang bisa diberi butter dan daun peterselie cincang. Utk sayuran anda bisa menggunakan tumis bayam ( rebus sebentar, tiriskan dan ditumis dgn sedikit minyak dan bawang bombay cincang).
Utk saus:
Panaskan kaldu ikan, sisihkan. Didlm mangkuk tuang kuning telur, lada , garam dan tepung maizena, kocok sebentar. Tuang kedalamnya sedikit air soda (bisa juga sprite), kocok rata . Siapkan panci dan air mendidih, letakkan mangkuk yg berisi kuning telur didlmnya (ala au bain marie ato di tim), kocok telur hingga kental dan berbusa. Setelah itu tuang kaldu ikan ke dlm-nya sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga saus tercampur dan kental. Angkat dari dlm panci, siap utk dihidangkan.



Tidak ada komentar: