Selasa, 04 November 2008

Martabak Daging Simple


Cemilan ini sejak jaman saya masih remaja sdh tidak asing lagi. Dahulu mama atau saya sering membuat martabak ini sebagai teman ngerumpi dgn saudara atau tetangga di sore hari.
Tadinya sih saya ingin mencoba membuat kulit martabak sendiri. Tetapi setelah dipikir² cukup lama...mmmm...rupanya tidak terlalu ekonomis dlm waktu, selain itu yg makan kan cuma saya sendiri, refot la yau. Kalau suami hanya suka isinya saja alias daging gilingnya soale berbau rempah ala arab. Suami bilang makanan ini terlalu berminyak. Iya lah pak....wong bikinnya juga harus digoreng.



Berhubung cemilan ini enaknya dimakan saat masih hangat, ada baiknya anda membuat secukupnya saja. Misalnya gunakan 1 butir telur yg dikocok lepas dan dicampur dgn daging giling. Sisa dari adonan isi bisa anda simpan di kulkas utk digoreng saat diperlukan. Adonan isi ini tahan utk bbrp hari.

Bahan:
500 gr daging sapi giling
1 ikat daun bawang, iris² ---> 6-8 batang tergantung besar kecilnya sayuran
1/2 bawang bombay uk sedang, cincang halus
1-2 siung bawang putih, cincang halus
2-4 sdt bumbu kari ---> saya pakai bumbu baharat dari Fuchs + bumbu steak
sedikit paprika bubuk atau cheyene pepper
garam dan lada secukupnya
3-4 butir telur
15-20 helai kulit lumpia
minyak utk menumis dan menggoreng

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang putih, tumis sebentar.
2. Masukkan daging giling, aduk² hingga rata dan pori² menutup. Beri bumbu yg telah anda siapkan, misalnya bumbu kari, paprika bubuk, lada dan garam. Aduk lagi hingga semua benar² tercampur dan matang. Cicipi, apakah rasa dan bumbu sdh sesuai selera.
3. Terakhir masukkan daun bawang. Matikan api, aduk terus hingga daun terlihat layu. Sisihkan dan dinginkan.
4. Kocok telur, masukkan daging giling, aduk rata. Siapkan kulit lumpia, berisi ditengahnya. Lipat kulit menjadi segi empat. Siap utk digoreng.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak, kok gak keliling ke tempat saya sih .. haha .. *kabur*


Tira

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!