Minggu, 09 November 2008

Kuker Keping Keju (tanpa telur)


Akhir² ini mood saya utk menulis mulai agak kendur, padahal ada beberapa resep yg sebenarnya ingin saya posting. Ah ya, sejak 1 bulan terakhir ini saya sedang asyik membuat kuker keju, sudah 4x loh dan orang² yg mencobanya sangat ketagihan. Membuat kuker yang satu ini sangat mudah dan rasanya pun cukup enak, tidak kalah dgn kastengel. Resep asli saya dapat dari ibu mertua tetapi sedikti saya variasi dgn menambahkan tepung maizena ke dalam adonannya.


Bahan:
100 gr butter, suhu jgn terlalu dingin
100 gr keju gouda tua, parut halus (jika ada gunakan mesin penghancur spy halus)
85 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena
seujung pisau garam


Utk Olesan/hiasan:
2 kuning telur uk besar ( utk olesan)
2 sdt susu cair (jika kuning telur kecil kurangi jumlah susunya)

100 gr kacang Almond cincang
Cara membuat:
1. Campur ke dlm bakom plastik butter, tepung maizena, terigu, garam serta keju. Kocok dgn menggunakan kocokan berbentuk spiral hingga adonan rata dan kalis.
2. Bagi 2 adonan, bentuk memanjang seperti lontong. Bungkus dgn plastik folie, letakkan di dalam kulkas selama minimal 2 jam (bisa juga semalam).
3. Siapkan loyang, alasi dgn kertas roti. Iris adonan tipis² (2 mm), olesi dgn kuning telur yg sdh dicampur dgn air susu, taburi dgn kacang almond.
4. Panggang dalam oven dgn suhu 130-150°c (tergantung oven anda) selama 15-20 menit atau hingga kuning kecoklatan. Angkat kuker, biarkan dingin, simpan di dalam wadah yg bersih.



6 komentar:

Anonim mengatakan...

Da, keknya gw tahu deh tuh film. Kalau gak salah itu ttg keluarga terkaya di Jerman yah. Yg dulunya pernah ada kaitannya dengan N**i?

Tira

Anonim mengatakan...

B***n <-- aku tebak ya..
jawabannya 'Braun'
bener ga? hihihi
iya sih, kadang liat² di amazon tapi lebih sering kalo niate beli ini eh, ada penambahan beli itu, hahaha...

linae

Anonim mengatakan...

Dear mbak Ida,
Numpang copy bbrp resep dan foto ya, hanya utk file pribadi. Kalo ada fotonya, jadi semangat buat nyobanya..Thanks sebelumnya

Ria

Unknown mengatakan...

Hallo Ria,
silah kan Rita...mudah²an hasil percobaannya nanti sukses yah.

Anonim mengatakan...

mba ida
mau nanya itu kejunya selain yg itu bisa pake keju yg gampang ditemukan apa ya?edam bisa?

Unknown mengatakan...

Hallo sdri Anonim,
sebenarnya bisa kok pakai edam atau gouda muda. hanya saja jika ingin aroma kejunya ingin lebih menendang ada baiknya pakai middle old gouda.