Minggu, 29 Maret 2009

Urap


Menyambung cerita tentang kelapa, rupanya saya tertarik utk membuat urap. Tetapi sayangnya sejak 2 hari ini dapur sedang direnovasi, bau cat basah masih melekat dgn kuatanya. Jadi utk sementara saya hanya memasak yg ringan dan cepat.Akhirnya bau catpun secara perlahan mulai menghilang dari dapur dan saya mulai tertarik utk berdiam disana.
Pertama-tama Kelapa saya rendam cukup lama didlm air, lalu setelah itu diparut dgn menggunakan parutan keju yg imut....hiks...hiks...hiks...benar² butuh kesabaran. Bumbu saya hancurkan dgn mesin tp tdk benar² hancur. Ternyata rasa urap ini benar² enaaak...., suami saya aja lahap memakannya.

Walaupun pada awalnya agak takut utk memakannya, cuma ambil sesendok kecil dan dikunyah secara perlahan. Saya berusaha utk memperhatikan mimik mukanya. Komentar awal yg keluar adalah" not bad". Ya sutra, saya tdk mau memaksanya tetapi setelah urap tertelan dan mungkin aroma bumbunya menjalar disekitar tenggorokannya, trus dia berkata " wow....sekarang baru terasa enak, mungkin saya harus memakannya dlm kondisi dingin".

Akhirnya uwe memutuskan utk makan malam dgn urap (digadoin, dia ngga mau pakai nasi) . Tidak disangka suami daku suka makan urap sampai menanyakan namanya. Lalu dia berkhayal dan bertanya, bagaimana jika kita masak ikan goreng trus sebagai pendampingnya urap, pas apa tidak ida ? wealaaah...babe, daku tidak bisa berkata apa², klo dikau suka, ya....silahkan saja, ttp dikau harus pesan urapnya jauh² hari. Maklum....buka kelapa segar kan syuseh.

Bumbu yg saya buat ukurannya dikira-kira krn tergantung berapa banyak kelapa parut dan sayuran yg anda inginkan (saya lupa utk menimbang kelapa parut ). Lebih baik membuat bumbunya agak dilebihkan.


Bahan:
Sayur mayur, siangi dan potong² ( kangkung, kacang panjang, tauge, kol, dll)
cabe merah
bawang merah
sedikit bawang putih
kencur
seujung pisau terasi bakar
gula merah
garam secukupnya
minyak utk menumis
kelapa parut

Cara membuat:
1. Kukus atau rebus sayuran secara terpisah. Perhatikan agar sayuran tdk terlalu lama memasaknya krn vitaminnya akan hilang. Jika direbus, anda bisa memberikan garam kedalam air mendidih.
2. Haluskan bumbu.
3. Panaskan wajan, tumis bumbu hingga harum. Kecilkan api, masukkan kelapa parut segar. Aduk rata hingga bumbu dan kelapa parut benar² tercampur. Masak dan diaduk² utk berberapa menit. Cicipi apakah rasa sdh sesuai dgn selera.
4. Voila....urap siap utk disantap.



Tidak ada komentar: