Minggu, 05 April 2009

Griess Flamerrie with Orangen sauce

Hari ini mama tercinta nun jauh disana merayakan ultahnya yg kesekian...(rahasia yah). Doa dari anakmu semoga dikau selalu dalam pancaran kasih dan lindunganNya. Sebagai hadiah, daku persembahkan dessert yg satu ini. Rasanya enak , tdk terlalu manis dan lembut saat dimakan. Untuk membuatnyapun sangat mudah.
Trus...sedikit informasi ttg Grieß, tepung ini berasal dari gandum. Ada 2 jenis Griess, yaitu tepung Griess yg digiling halus (biasanya utk dessert ato makanan bayi) dan tepung griess yg agak kasar (biasanya utk adonan roti dan sejenisnya). Jika tidka ada tepung griess, mungkin anda dpt menggunakan tepung beras sebagai penggantinya.

Bahan:
40 gr tepung Griess ( jenis yg agak halus )
2 lembar gelatin (klo tdk ada yg halal pakai agartin- 1 pak)
1/2 batang vanili bourbon
seujung pisau garam
1 sdt parutan kulit jeruk Orange dan Lemon (cari yg bio)
1 butir jeruk orange, ambil airnya
250 ml whipped cream , kocok hingga kaku
250 ml susu
1 butir telur
50 gr gula pasir
1sdt butter

Saus:
2 butir jeruk Orange
200-250 ml orange jus/saft, cari yg rasanya enak (klo tdk ada bisa diganti apple jus)
sedikit vanili
2 sdm gula pasir (utk karamel)


Cara membuat:

1. Masukkan gelatin ke dlm air, biarkan hingga lembut.
2. Jika memakai Agartin (di Jerman tdk ada gelatin halal), masukkan Agartin ke dlm bahan cair. Campur susu, gula, garam, vanili, kulit jeruk dan air perasan jeruk orange. Masak hingga mendidih dgn api sedang.
3. Cairkan tepung Griess dgn sedikit susu, tuang bbrp sendok makan susu cair yg panas kedlmnya. Baru kemudian tuang campuran adonan ini kedlm susu yg sedang dimasak. Aduk dan masak kira² 3 menit atau hingga kental. Angkat dari api/kompor.
4. Masukkan telur dan butter, cepat aduk rata. Biarkan adonan hingga agak hangat, baru setelah itu masukkan gelatin (jika pakai Agartin, ini dihilangkan), aduk terus supaya tdk terjadi gumpalan. Sisihkan adonan atau biarkan adonan hingga agak dingin selama 5-7 menit.
5. Setelah itu campur cream fresh yg sdh dikocok kaku ke dlm adonan sedikit demi sedikit, hati² saat mengaduknya. Setelah itu masukkan ke dalam loyang atau cetakan (sebelumnya siram cetakan dgn air dingin). Letakkan didlm Kulkas selama 3-4 jam.

Utk saus Orange:
1. Kupas jeruk, ambil filet dagingnya (tetesan air jeruk harap ditampung).
2. Tuang gula pasir ke dlm wajan, masak hingga menjadi karamel (jgn diaduk² krn akan menggumpal). Tuang air jus Orange/ Apel, kecilkan api , masak hingga karamel menghilang. Setelah itu masukkan vanili, filet jeruk dan airnya, masak sebentar. Jika anda ingin saus terlihat kental, bisa diberi sedikit tepung maizena (cairkan dgn sedikit air jeruk atau air) utk mengentalkan saus.



Tidak ada komentar: