Rabu, 04 Mei 2011

Ida's Oatmeal Choco Chips Cookies


Minggu lalu mertua memberikan saya sekotak oatmeal karena beliau salah membeli. Tadinya ingin dipakai untuk sarapan tetapi rupanya oatmeal yang ini untuk baking. Akhirnya saya pakai untuk mencoba sebuah resep baru yang bahannya agak sedikit saya modifikasi. Resep asli di ambil dari website Betty Crocker.

Rasa cookies ini memang sangat enak...crunchy dan tidak terlalu manis (soalnya yg bikin sdh cukup manis kok...hihihi...ge-er sendiri deh. Tp memang komposisi gulanya sengaja saya kurangi). Setelah beberapa kali memakannya, saya baru menyadari bahwa dasar cookies ini rasanya agak² mirip dgn monde butter cookies. Dahulu.....saya sangat menyukai cookies monde ini tetapi hanya yang ada kismisnya. Mungkin nanti akan saya coba utk membuat cookies tersebut.

Krn ingin tahu komentar dari orang lain ttg cookies ini, akhirnya saya memberi 1 porsi ( didlm kantong khusus utk kuker) kepada seorang kenalan yg bergerak dibidang gastronomi/pemilik resto. Kemarin saat kita makan ke restonya dia, Edena menyalami saya dan mengucapkan terimakasih atas cookiesnya, katanya langsung habis dalam beberapa menit saja. Trus seorang kenalan suami juga saya beri sekantung kecil. Dia juga berkata cookiesnya enak dan hampir tidak percaya bahwa saya yang membuatnya (dia mengira boleh beli di toko). Trus seorang gadis manis usia 8 tahun, anak tetangga kami. Dia juga berkata cookiesnya enak dan rasanya sudah pas, tidak terlalu manis dan rasa coklatnya juga enak ( tentu saza la yau...wong saya pakai coklat yg berkwalitas).

Ah ya...1 porsi adonan dapat menghasilkan banyak kuker loh, saya tidak sempat menghitungnya. Pokoke jangan khawatir...bisa dimakan se RT deeeeh.



Bahan:
250 gr brown sugar
225 gr butter, suhu ruangan
1 butir telur uk besar (saya pakai uk xxl, kira² 85 gr) ato 2 uk kecil , suhu ruangan
1/2 sdt vanili bourbon
1/3 sdt garam (peres)
175 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 gr oatmeal
150 gr choco chips
100 gr kacang almond (optional), disangrai dulu supaya mudah saat dipotong/cincang



Cara membuat:
1. Kocok butter, garam dan braun sugar hingga lembut dan rata.
2. Masukkan telur dan vanili, kocok merata.
3. Campur tepung dan baking powder, masukkan sedikit demi sedikit kedalam adonan, aduk rata.
4. Terakhir masukkan oatmeal, almond cincang dan choco chips, aduk rata.
5. Alasi loyang dengan kertas roti. Bentuk adonan bulat-bulat lebih besar dari kelereng dengan menggunakan 2 sendok kecil, beri jarak antara adonan ya...krn kuker akan melebar dan mengembang. Jika suka, adonan ditekan sedikiiit aja.
6. Panggang dalam oven dgn suhu 160 -170°c selama 10-15 menit atau hingga matang ( tergantung oven anda).
7. Biarkan kuker hingga dingin diatas kertas, setelah itu copotkan dan angin²kan sebentar diatas rak yang berjaring. Setelah itu dapat dimasukkan kedalam kaleng atau toples.

46 komentar:

agroteknologiaunpad2008 mengatakan...

pengeeeeeeeeeen bgtt buat yg inii mbaaa
mbaa ada alamat fb gak??
aku visky mba,salam kenal yaahhh.
mau belajar buat kue nih mba hehe
btw mau nanya kalo buat kuker tuh di kocok pake mixer apa enggak ya?

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
salam kenal kembali. silahkan dicoba resepnya, mudah kok cara membuatnya. Saya ada Fb tp jarang di up date, lebih sering ngeblog. Sebenarnya klo bikin kuker bisa juga sih dikocok secara manual, hanya saja kocokannya harus rata dan harus punya tenaga tangan yg kuat. Kalau dgn mixer kan jadi lebih ringan dan juga lebih cepat.

agroteknologiaunpad2008 mengatakan...

aku baru bgt mau belajar kue kering mbaa,mba biar kukernya renyah kyk goodtime gtu gmana ya?dulu pernah buat tp kok keras gtu hahahah
minggu depaan mau belajar kue ini mba :)
aku liat hasil2 kue nya yampunn kreatiff bgt sering buat ini itu haha,sampe aku bookmark blog mba buat referensi aku masak yg terpercaya hahahaa

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
sebenarnya ada sejenis bahan kimia utk merenyahkan kue kering, tetapi saya belum pernah melihat dan memakai bahan ini, namanya eplex. Saya berusaha utk meminimaliskan penggunaan bahan kimia didlm kue.
Kue kering dpt menjadi keras mungkin krn komposisi bahan²nya ada yg salah atau bisa jadi terlalu lama memanggangnya.
Terima kasih kalau kamu suka dgn blog saya.

Anonim mengatakan...

ijin bookmark ya..^^
ak pengen follow blognya nih,tp kok ngk bs ya.?

Unknown mengatakan...

Hallo sdri Anonim,
silahkan saja....blog saya terbuka utk publik kok. Dicoba lagi deh, mudah2an lancar ya...

agroteknologiaunpad2008 mengatakan...

mba idaa,ni visky.mba aku udh buat kuker ini mba!!dan emg enak bgt.tp knp ya mba ngembangnya di luar dugaan gtu haha,pdh cuma stgh sendok makan trus di gepengin dikit di loyangnya hehe.mba tp sumpah ini renyah bgt loh kuenya.awalnya pas ngovennya ga bener jd hasil kurang maksimal.tp pas udh bener di oven hasilnya enak bgt :) aku brown sugarnya di ganti palmsugar+gulapasir bisa kan ya mba?susah nih nyari brownsugar hehe.sama butternya pake butter wysman tambah enaakkk.ehhe.aku sukaa resep2 dsinii hihihihi

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
hehehe....jadi ketawa deh baca comment kamu. Mungkin lain kali jumlah baking powdernya bisa dikurangi ( kan ada 1/2 sdt full ato peres). Saya rasa tdk masalah mengenai brown sugar diganti dgn gula palem, kan kata peribahasa: tdk ada rotan, akarpun jadi. Pastilah rasanya lebih enak jika pakai butter wysman. Senang eh kalau ternyata percobaan kamu berhasil. Ditunggu nih kirimam hasil percobaannya ya...:)

visky mengatakan...

iyaaa mbaa sama sama haha,ntar mba klo aku udh bagus bentuknyaa baruu dikirimm mba haha.kata pcr aku bentuknya kyk tempe goreng ahhaa,kegedean dan di penyetin wktu di oven hihihi
iyaaa benerr,justru enak pake gula palem buat nutupin rasa lemak susu butternyaaa hehe
nih aku mau nyoba kue leom almond.tp nyari minyak almond tuh susah juga ya T_T ahhaha.mba tinggal di jakarta mba?

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
cuek saja dgn bentuknya yg pentingkan rasanya, iya toh. Coba dibentuknya dgn menggunakan 2 sendok teh, dibolak-balik kiri-kanan, insya Allah bisa bagus. Btw, kamu mo coba kuker Almond yg mana nih, Almond Tea Cookies bukan ? klo yg ini enak loh, saya sdh bikin 4x.Coba kamu cari di TBK, siapa tahu mereka jual minyak almond tp pakainya hati² jgn terlalu banyak.

visky mengatakan...

okeesippp mba makasihh sarannya :) huehhehe
nanti tak coba :)
mba TBK dimana?aku kesulitan nyari almond di bdg.haha.musti nyari ke supermarket gede nihh.
kalo bubuk almond nyari di supermarket ada ga ya?
niatt pengen buatt itu kuee hehe.kendala almond nih bener deh haha

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
waduh...klo di Bandung saya kurang tahu tp pernah baca posting seeorg katanya ada toko Ny.Liem di Naripan ato Kijang Mas di Jl.Haringa Banga ato coba tanya oom Google. Mengenai almond bubuk, andai kamu punya food processor di rumah, kamu bsia bikin almond bubuk sendiri loh, lebih fresh (beli almondnya klo bisa yg masih ada kulitnya, nanti diseduh dgn air panas, dikeringkan dan digiling deh). Mulai bulan depan teman saya jual almond yg masih ada kulitnya, perbungkus isi 200 gr.

v mengatakan...

Ohhh gtuu yaaa
okee sipp sippp hehe
nanti mau nyari bahan bahannya dlu mba :)
makasihh banyak yah mba saran dan infonyaa :)
btw TBK apa sih mba?hehe

Unknown mengatakan...

Hallo Visky,
TBK itu artinya toko bahan kue .....moga2 dpt ketemu itu alomnd nya ya.

Krishna, bali mengatakan...

Hai mbak....ketemu lagi.
aku udah coba resep kuker mbak ini. tapi aku ganti oatmeal bakingnya sama sereal yang aku tumbuk kasar. soalnya TBK sini ga jual oatmeal baking. Mbak, tekstur adonan kuker ini memang lengket ya, soalnya aku susah ngebentuknya jadi bulet2. padahal aku dah ngikutin resepnya.


Tapi rasanya enak banget Mbak. Postin resep kuker yang laen ya.
Makasi

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
ide yg bagus dik, oatmeal diganti dgn sereal. Seingat saya adonan kuker ini cukup padat tp memang lengket. Utk membentuk adonan menjadi bulat hrs dgn bantuan sendok teh (kiri dan kanan) atau sendok khusus kuker (mirip sendok utk ice cream tp bentuknya lebih kecil). Ambil sejumput adonan trus dibolak balik dgn sendok teh arah kiri dan kanan 2-3x deh. Senang kalau kamu suka dgn resep mbak. Insya Allah...nanti akan carikan lagi resep kuker yg lainnya.

Anonim mengatakan...

assallamualaykum wr. wb,

gw juga mau nyoba ah Da, scr bhn dasarnya oatmeal .. kan sehat ya .. daripada JJ gw kasih butterkeks mulu :-D. TFS say :-).


wassallamualaykum wr. wb,
tira.

Unknown mengatakan...

Hallo mpok Tira,

emang sih katanya oatmeal itu sehat tp itu tergantung bahan resep yg lainnya juga sih say, misalnya butter, telur, tepung, coklat, dll. Yg penting kita dpt mengatur berapa potong cookies yg boleh kita makan. Dicoba 1/2 resep dulu aja Tir, biar gak terlalu banyak hasilnya. Wkt itu gw bagiin ke bbrp teman uwe krn klo dimakan ber2 akan lama habisnya. Home made cookies rasanya enak jika dimakan saat masih fresh, klo kelamaan rasanya tdk seenak saat masih fresh, maklum, soale tdk pakai bahan pengawet.

Diajeng Retno mengatakan...

Dear Mbak Ida,

Aku udah coba cookies ini, Mbak. Memang eeunnakkk banggetsss.... tapi, aku ganti 'brown sugar' dengan Palm Sugar :-)

Team icip2 ku juga bilang enak, Mbak. Thank for sharing yach.

Aku ijin nge-link resep ini ke blogku yach Mbak...

Tararenggkyuuu,
Retno

Unknown mengatakan...

Hallo Sis Diajeng Retno,
syukur alhamdulillah kalau kuker ini cocok dgn selera kamu dan team icip-nya. Silahkan jika ingin nge-link blog ini.

Unknown mengatakan...

Halo mbak ida.... salam kenal, mbak mau tanya yaa... ini kukisnya kan crunchy ya, kokoh gak ya mbak? Aku mau kirim mama ku oat cookies tp ini takut hancur di perjalNan.... thx before^^

Unknown mengatakan...

Haai mbak ida, salam kenal, mbak akj mau tanya, ini kan cookies nya crunchy ya, teksturnya kokoh ( ky goodtime)atau rapuh (ky lidah kucing) mbak? Thx yaa^^

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Diana,

tekstur cookies ini cenderung mirip kuker lidah kucing hanya saja lebih kokoh sedikit deh. Agak riskan juga kalau dikirim via pos, takutnya terbanting atau sejenisnya.

Unknown mengatakan...

Kl brown sugarnya di mix sm gula pasir, trus kl butter nya di kurangi, bisa lebih kokoh ga ya mbak?Ngiler akuu... cm lg cari oatmeal yg crunchy n kokoh ky goodtime, aku pernah bikin siy biasanya soft cookies gitu jdnya, empuk empuk gitu, kira2 mba ida bisa bantu resep kah? Hehehe thx yaa

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Diana,
tentu saja bisa brown sugar dicampur dgn gula pasir biasa. Saya belum pernah mencoba resep dgn mengurangi jumlah butter, krn menurut saya resep ini sdh cukup bagus komposisi-nya. Silahkan mbak mencoba saja, nanti bisa info beritanya ke saya. mudah²an sukses dgn resep yg baru :)

Unknown mengatakan...

Hehehe... thx ya mbak^^

Anonim mengatakan...

aslkm mbak ida,kenalkan nama aku Inge
mo nanya nih untuk kue kering tuh di aduk pake mixer kecepatan berapa,trus untuk oatmealnya merk apa ya mbak krn rumah aku lumayan jauh dari kota jd TBK dsini kurang up to date he..he..trus aku mo nanya mbak gpp ya banyak banget yang mau ditanyakan...^_^
agar kue kering itu bisa tahan lama gmn ya mbak krn dulu pernah bikin nastar keju tapi blum lama disimpan udah berjamur mbak...khan klo di toko2 kue tuh kok kukernya yg dijual bisa tahan lama^_^
makasih ya mbak....

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Inge,
berhubung kecepatan setiap mikser itu berbeda, jadi ada baiknya mbak pakai patokan seperti mbak mengocok adonan kue kering yg lain saja, yang penting butter terlihat lembut. Utk Oatmeal, saya tdk mematok dgn merk tertentu, tergantung selera saja dan yg ada di TBK terdekat ya . Terus terang, sebenarnya saya kurang suka memakai bahan pengawet atau aroma tambahan ( mis: butter aroma) didlm kuker. Mengenai Nastar yg bulukan, mungkin kuker belum terlalu matang saat diangkat. Nastar saya pernah hingga 4 minggu dan tdk bulukan. Sebenarnya home made cookies akan terasa enak jika dimakan saat masih fresh loh :)

Anonim mengatakan...

Mbak Ida, kemarin saya coba praktekkan resep ini. Ya, crunchy. Saya suka kue2 jenis begini. Hanya saja saya pake gula palem dan kenari sesuai stok di rumah dan lebih ramah di kantong.
Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Unknown mengatakan...

dear mbak Sisca,
benar mbak, brown sugar bisa diganti dgn gula palem atau gula pasir, tergantung sikonnya aja. sayapun punya prinsip demikian " tdk ada rotan akarpun jadi" , jika tdk ada kacang alomnd bisa diganti dgn kenari atau kacang mede. terima kasih sdh tulis komentarnya :).

Ium Drastianti mengatakan...

hallo mba ida, mau tanya kalo oatmealnya pakai oatmeal yg biasa buat sarapan gitu bisa kan ya? makasih :)

Unknown mengatakan...

dear mbak lum Drastianti,
jelas bisa kok mbak...silahkan dicoba, semoga sukses yaaaa :)

Unknown mengatakan...

mbak mau nanya, kalo kue ini pake soda kue bisa? terus apa bedanya baking powder sama soda kue? terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Hallo Ima,
secara teori kemungkinan bisa ttp hrs hati² dlm pemakaiannya krn soda kue mempunyai aroma tertentu. Biasanya baking soda akan memproduksi gelembung udara jika dipakai utk baking (mis: adonan pd martabak), sedangkan baking powder utk mengembangkan saja tanpa ada gelembung udaranya. Utk lebih detailnya mungkin hrs tanya paman google ya say :P

Unknown mengatakan...

mbak mau nanya dong ini pake tepung terigu cap kunci apa segitiga biru?trus butternya bisa diganti margarin merek blueband gak?terimakasih:)

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Linda,
untuk terigu, bisa pakai merk apa saja kok. biasanya jika membuat kuker, saya selalu pakai butter, belum pernah pakai margarin. ttp saya rasa bisa kok mbak, soalnya wkt jaman dahulu ibu saya jika bikin kuker nastar atau semprit, selalu pakai margarine, hasilnya bagus dan rasanya juga enak. Silahkan dicoba dulu mbak, jika sukse dan rasanya cocok..let me know ya :)

Unknown mengatakan...

Hallo mba'. Knali saya dwi. Umur masi 17 tahun. Kegiatan skrng kuliah juga ngelakui hoby tercinta yaitu memasak. Alhamdulillah resep yg ini subhanaalloh lezat banget kata tmen". Aku sampe kebanjiran psenan heheh   (`▽´)-

Unknown mengatakan...

hallo Dwi,

syukur alhamdulillah kalau kamu sekarang kebanjiran pesanan, saya jadi ikut senang :). semoga tetap banjir pesanan dan tetap kreatif dgn hobby masak dan bakingnya.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum,,, mba ida maaf sebelumnya saya yesi di bekasi,, saya mau tanya mba, kalau saya ingin order kue kering lebaran dari mba ida bisa atau tidak ??
kalua blh saya minta alamat nya mba? makasih, wassalam :)

Unknown mengatakan...

wa'alaikumsalam mbak Yesi,

terima kasih atas pertanyaannya dan tdk perlu minta maaf mbak. sayangnya saya tidak menerima orderan kuker krn wkt-nya yg tdk ada. bikin cookies ini mudah kok. dicoba setengah adonan dulu aja. saya yakin mbak bisa deh. 'met mencoba ya....

Unknown mengatakan...

Permisi
Mbak boleh tanya gimana caranya ya kukernya bisa than lama dalam toples dan gak ayem saat di makan tapi tetep renyah ??
Mohon infonya

Unknown mengatakan...

dear mbak Parinda,
pada dasarnya kuker ini cukup tahan lama kerenyahannya kok mbak. semoga sukses dgn kukernya serta lancar pengirimannya kerumah Bunda tercinta :)

Sofi's Portfolio mengatakan...

Halo mbak, terima kasih resepnya. Ini enak banget. Sekali bikin langsung berhasil hehe. Mau bikin ini jg buat lebaran.

Unknown mengatakan...

dear mbak Sofiati,
alhamdulillah kalau mbak sukses dan menyukai resep ini. Pasti keluarga dirumah sangat senang dgn kuker homemade yg dibuat dgn rasa cinta. Jgn lupa kirim 1 toples ke saya ya...;)

Unknown mengatakan...

Ini resep favorit keluarga saya. Makasih banyak mba.

Unknown mengatakan...

sama² mbak.... :)