Selasa, 17 Mei 2011

Triple Choco-Coffee Brownies


Ceritanya saya sedang iseng dan kebetulan ada stok bitter sweet chocolate. Setelah lihat sana-sini ingin dibuat apa, antara mousse au chocolate atau dibikin brownies, akhirnya pilihan jatuh ke resep diatas. Resep ini paduan dari beberapa resep, bahannya ada yang saya kurangi dan ada pula yang saya tambahi. Ternyata rasa brownies cukup moist walaupun jumlah butternya tidak banyak.


Bahan:
150 gram bitter sweet chocolate
50 gr coklat mini isi coklat/kopi (kebetulan ada stok ini jd dikaryakan deh)
130 gr butter
30 gr coklat bubuk
130 gr tepung terigu
seujung pisau baking powder
1,5 sdm kopi instan
3 butir telur uk besar
175 gr gula putih
1 sdt vanili/secukupnya
1/2 sdt garam
sedikit kacang di cincing (optional)


Cara membuat:
1. Lelehkan butter dan coklat batangan dgn cara au bain marie, sisihkan hingga agak dingin di suhu ruangan.
2. Kocok gula, vanili, garam dan telur hingga mengembang, kental dan lembut.
3. Campur tepung, coklat bubuk serta baking powder, ayak rata. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, aduk perlahan dan rata.
4. Tuang lelehan coklat, aduk rata sambil dituangi butiran coklat kecil dan kopi instant. Aduk rata.
5. Olesi loyang dgn buter dan taburi dgn tepung. Tuang adonan ke dalamnya.
6. Panggang adonan dgn suhu 160-170 °c hingga matang dan jgn terlalu lama krn brownies dpt kering.
Saya sebenarnya kurang suka menulis berapa lama kue hrs dipanggang krn itu tergantung tipis tebalnya bahan. Krn saya hanya punya 1 loyang berbentuk kotak dan kebetulan ukurannya terlalu besar (26x26), jadi adonan brownies saya terlihat agak pipih. Waktu itu saya butuh waktu sekitar 25 menit.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak, resep yang ini udah aku coba...
dan hasilnya enak banget....
temen-temen ku juga suka...
Makasi banget ya...

krisna, bali

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krisna,
syukur, kalau percobaan kamu berjalan dgn sukses dan mbak juga senang kalau ternyata resep ini cocok dilidah kamu dan teman². Titip salam utk pulau Bali yaaaa....

Alice mengatakan...

kelihatan sedaaaaaapppppp! :)

Unknown mengatakan...

Hallo Alice,
iya...rasanya enak kok, silahkan dicoba deh, pasti akan ketagihan...hehehe *lebay.com*