Selasa, 21 Juni 2011

APPLE ALMOND COOKIES


mungkin saat membaca judul di atas pembaca blog akan mengerutkan dahinya....mmm apel cookies ???? memang bisa apel sebagai bahan untuk cookies ??? pertanyaan seperti itu juga sempat terlintas dibenak saya. Buah apel kan mengandung cairan yang cukup banyak, mana mungkin dapat dijadikan cookies. bagaimana rasanya...apakah bisa crunchy ?

Karena penasaran dan juga ingin tahu bagaimana tekstur cookies ini akhirnya saya memberanikan diri untuk mencobanya, why not...iya tidak ?! kalau tidak dicoba kita tidak akan pernah tahu rasanya seperti apa.

Saya memodifikasi beberapa bahan termasuk menambahkan vanili dan kacang almond ke dalam adonan supaya nanti rasa cookies tidak membosankan. Sumber awal resep saya ambil dari Betty crocker.


Bahan:
175 gram brown sugar
seujung pisau vanili bourbon
125 gram butter, suhu ruangan
1 butir telur ukuran besar ( berat dgn kulitnya kira² 85-90 gr) atau 2 uk kecil
200 gr tepung terigu
40 gr maizena
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
2/3 sdt pala bubuk
1 butir apel uk 200 gr
100 gr kacang almond, sangrai dan dicincang

Cara membuat:
1. Kocok gula, butter, garam dan vanili hingga lembut dan rata.
2. Masukkan telur, kocok rata
3. Masukkan campuran tepung, baking soda, pala bubuk, aduk rata.
4. Cuci apel, belah 4, buang bagian tengahnya. Setelah itu parut kasar, kemudian masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
5. Terakhir masukkan kacang almond cincang, aduk rata.
6. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. Tuang adonan dgn menggunakan sendok teh, beri jarak karena adonan akan mengembang.
7. Panggang di dalam oven dgn suhu 160-170°c sampai matang. Lama memanggang tidak saya sebutkan krn tergantung besar kecilnya adonan anda.
8. Biarkan cookies dingin diatas loyang, setelah itu angin²kan sebentar dibawah tatakan berjeruji (lobang²).


Komentar:
- menurut saya ide resep cookies ini cukup menarik hanya saja saat kue masih fresh, tekstur cookiesnya tidak crunchy alias tidak renyah, agak² melempem ditengahnya.

-Tetapiiii......jika anda biarkan cookies ini di ruangan terbuka (toples jgn di tutup rapat), lama-lama cookies ini akan crunchy loh....aneh tapi nyata. Nah...jika menurut anda cookies sdh cukup crunchy, anda dpt menutup toples-nya deh. Rasa dari cookies ini lumayan enak kok.

4 komentar:

krishna mengatakan...

mbak Ida yang baik...
aku mau coba bikin cookies mbak yang ini, tapi aku sedikit bingung dengan tatakan berjeruji itu apa? kalo ga ada gimana? lalu bagaimana tekstur adonannya?

aku kalo bikin cookies ya pasti selalu liat blog mbak. dan selalu berhasil. cuman untuk yang ini aku agak ragu (sama kasusnya kayak mbak yang ragu dengan kandungan apel didalam cookies ini)

makasi.
ps: mbak punya alamat email kah?

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
tatakan berjeruji maksudnya Cooling Rak, spy hawa panas dari bag bawah cookies bisa segera turun. Tekstur adonannya hampir sama dgn oatmeal cookies. Utk mencetaknya pakai sendok teh. Yg jelas, setelah cookies dikeluarkan dari oven dan didinginkan, nanti cookis tdk renyah semuanya, bag tengahnya terasa agak mirip kue. Krn penasaran kenapa cookies ini tdk renyah, akhirnya toples sengaja tdk ditutup( 1-2 hari). Rupa2nya dgn cara spt ini cookies bisa kering dan cukp enak uk digigit. Klo kamu ragu tp juga penasaran, dicoba 1/2 resep dulu deh, sekedar menghilangkan rasa penasaran kamu. Alamat imel mbak: syafa70@yahoo.com.

Krishna, bali mengatakan...

mbak ida yang baik..

wah makasi banget ya mbak, rasa ragu ku udah agak reda, rencananya nanti aku akan coba bikin.

makasi

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
sama² dik...mudah²an nanti percobaannya berhasil yah.