Selasa, 14 Juni 2011

Botok atau Buntil Kelapa


Dulu saya pernah bingung, bagaimana caranya membuat botok/buntil tanpa menggunakan daun singkong. Memang sih dapat menggunakan daun pisang tp berarti nanti botok tdk dapat direbus bersama kuahnya donk ?! Lalu seorang sahabat berkata bahwa daun Kohlrabi atau turnip cabbage dapat digunakan sebagai pembungkusnya. Trus saya langsung mencobanya deh tapi sayang...dulu saya lupa memoto hasilnya. Setelah sekian lama tidak pernah membuat buntil lagi, akhirnya minggu ini rencananya akan saya buat kembali.

Sewaktu sedang berbelanja di supermarket, saya melihat ada banyak daun Kohlrabi yang tergeletak begitu saja di dalam kotaknya. Sekedar info, Kohlrabi itu masih satu keluarga dgn lobak tetapi sayuran ini tumbuhnya diatas tanah, bukan didalam tanah. Biasanya orang² membeli Kohlrabi ini hanya mengambil bagian umbinya saja, daun²nya dipatahkan dan dibuang.

Lalu saya ambil daun² tersebut (gratis, nanti tunjukkan saja saat membayar belanjaan di kasir) karena ingin membuat buntil alias botok kelapa teri medan.
Kebetulan semua bahan ada di rumah. Resep yang saya pakai dikira² aja deh ya, yang penting rasanya enak.

Bahan:
200 gr kelapa kering (1 bungkus)
100 gr teri medan ( kira² 1 bungkus), cuci bersih dan tiriskan
beberapa butir petai, belah dua dan iris²
1-2 cabai merah besar
1 bawang bombay uk sedang
1 siung bawang putih
seiris jahe
seiris lengkuas
sedikit kencur
garam dan gula secukupnya
daun Kohlrabi utk membungkusnya
10 cabai rawit hijau/merah utk isi

Kuah:
500 ml santan
1 butir cabai besar
1 bawang bombay uk kecil
1 siuang bawang putih
garam dan gula secukupnya
sedikit minyak utk menumis
300 ml air matang
bbrp butir cabai rawit merah
bbrp lembar daun salam


Cara membuat:
1. Bersihkan daun Kohlrabi dari bagian batangnya dan potong hingga ke arah daun, supaya daun dpt dgn mudah ditekuk. Sisihkan.
2. Blender semua bumbu halus, setelah itu campur ke dalam kelapa kering, aduk rata. Masukkan teri dan petai, aduk rata. Jika kelapa terlihat masih agak kering, cipratkan sedikit air.
3.Bentangkan daun kohlrabi, isi dgn kelapa berbumbu, selipkan sepotong cabai rawit. Bungkus dgn baik dan diikat.
4. Blender bumbu kuah hingga halus.
5. Panaskan wajan, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Setelah itu tuang dgn air . Susun buntil kedalamnya, tutup wajan dan masak sebentar, maksudnya supaya daun Kohrabi layu krn daun ini cukup keras spt daun pepaya.
6. Setelah itu tuang santan, masak dgn api sedang sambil buntil sesekali dibalik. Cicipi apakah rasa kuah sudah sesuai dgn selera. Jika air kuah agak berkurang, bisa ditambahkan dgn air panas. Masak hingga isi dan daun Kohlrabi matang.

6 komentar:

manis mengatakan...

kalo bilang buntil aku ingat daun singkong, kalo kelapa aku baru tahu ini... enak ya mbak?

Unknown mengatakan...

Hallo sdri manis,
krn saya suka jadi saya bilang masakan ini enak, apalagi kuah santannya. jika andai menyukai teri medan dan kelapa parut, saya rasa anda akan menyukai masakan ini. Dicoba dulu deh, nanti kalau tdk suka, sisanya bisa dikirim ke saya...:)

manis mengatakan...

hahahahaha....
aku nggak bisa masak mbak.. cumanya bisa incip-incip... tapi kalo yg buntil daun singkong aku suka..
senang bisa kenal mbak

aku link blognya ya... boleh?

Unknown mengatakan...

Hallo sdri manis,
saya pun dulu demikian. utk membuat botok tdk perlu keahlian kok, tinggal diulek ato diblender, trus ditumis dan direbus, lalu dicicipi, selesai deh. Boleh...silahkan saja...

Alice mengatakan...

hi Ida, saya juga kalo botok sukanya makan aja, malas bungkus2nya hehehe....
memang enak sekali ini - thks ya :)

Unknown mengatakan...

Hallo Alice,
sama², botok memang tiada dua-nya,masakan yg mudah, murah dan yg penting enaaaak...:)