Selasa, 19 Juli 2011

TUILES Aux AMANDE ( Almond Tuiles)

Sebenarnya sejak minggu lalu ingin posting resep ini. Tetapi karena foto²nya tidak ada, jadi terpending utk mejeng disini. Dan mau tidak mau cookies ini harus dibuat lagi.
Biasanya setiap selesai baking, saya selalu berusaha untuk memoto hasilnya. Tetapi entah kenapa hari itu saya malas untuk mengambil kamera dan berniat esok hari untuk mengambil fotonya. Ternyata oh ternyata, keesokan harinya cookies ini hanya tinggal beberapa helai saja. Rupa²nya ada tikus dapur yang bisa membuka toples dan menyukai cookies ini. Terpaksa deh....niat untuk membuat foto jadi batal.

Kebetulan kemarin dapat sisa putih telur dari ibu mertua, asyiiik....bisa bikin cookies ini lagi donk. Ah ya, resep saya ambil dari website AchefHELP . Agak sedikit saya modifikasi dgn menambahkan almond bubuk ke dalam adonan supaya rasa almondnya lebih menendang.

Cookies ini sangat enak, sangat crispy ttp tidak keras dan terasa ringan saat digigit. Hiasan beberapa keping almond membuat rasa cookies ini menjadi lengkap. Cocok sebagai teman saat minum teh, kopi, coklat hangat, cappuccino, espresso maupun ice cream. Atau dapat pula sebagai produk terbaru koleksi kue kering dirumah atau di toko anda.
Dijamin...pokoke makan 5 lembar tidak akan terasa cukup deeeeh....

Almond Tuiles ini diameternya kira² 5 cm ( ukuran dpt bebas, sesuai selera), satu bahan adonan jadinya lebih dari 30 pieces. Ternyata lagi² cookies ini cepat menghilang dari toples, rupanya ibu mertua juga menyukainya. Yo...wis, saya bikin lagi deeeehhhh....masak yg ngebakar tidak kebagian siyyy..????


Bahan:
1 butir putih telur ( 50 ml )
55 gr gula kastor (saya pakai 45 gr)
seujung pisau vanili
2 sdm tepung terigu
2 sdm almond bubuk
30 gr butter, lelehkan, sisihkan
25 gr almond flaked (optional)

Hiasan:
- sedikit almond flaked


Cara membuat:
1. Kocok putih telur hingga agak mengembang, lalu masukkan gula dna vanili, kocok hingga gula tercampur.
2. Masukkan tepung terigu dan tepung almond, aduk rata.
3. Masukkan butter dan kemudian almond flakes, aduk rata.
4. Siapkan loyang, alasi dgn kertas roti. Ambil sedikit adonan dgn sendok teh ( setengahnya saja), pipihkan sambil dibentuk bulat.
5. Hias bagian atasnya dgn almond flakes. Panggang dalam oven 140-150°c hingga matang.
6. Keluarkan dari dalam oven, cepat² angkat dgn sodet tipis, susun di atas rak cookies atau dpt dibentuk melengkung dgn meletakkan diatas gilingan kayu/botol. Biarkan hingga kering, setelah itu masukkan ke dalam toples kedap udara.

Ps:
- saya rasa ini cookies benar² fav kami. Krn dalam waktu 2 minggu saya sdh membakar 3x (kira² 7 adonan) dan selalu dlm waktu singkat cepat menghilang dari dalam toples.

6 komentar:

krishna mengatakan...

wah,,,, satu lagi nih, hasil karya mbak ida yang wajib di coba.
hehehehe

kayaknya gampang deh mbak, kalo gitu aku coba deh.

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
membuat cookies yg ini memang sangat mudah hanya dibutukan kesabaran utk mencetaknya krn adonannya hrs dicetak tipis. Mbak sendiri bikin cetakannya dr plastik yg keras, trus dibikin lubang bundar. Bisa juga cetakannya beli di TBK. Selamat mencoba yaaaa..

Dee mengatakan...

Mbak ida, 30gr menteganya dimasukkan ke adonan jugakah, kapan? Trims

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Dee,
butter cair dimasukkan setelah semua bahan2 tercampur rata. terima kasih atas koreksinya. 'met mencoba....:)

Dee mengatakan...

hai mbak.. aku sdh coba resepnya, tapi punyaku kok nempel kuat di kertas roti ya, susah banget dilepasinnya pdhl sdh aku oles margarin kertas rotinya.. mhn tips dan triknya supaya tuiles tidak nempel kuat di kertas roti, trims

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Dee,
selama ini saya tidak pernah ada masalah dgn kuker yg menempel dikertas roti, mungkin krn saya menggunakan kertas roti khusus utk baking yg ada lapisannya. Saya tdk punya tips jitu mbak, krn mbak sdh memoles kertas tersebut dgn margarine ttp tetap menempel. Mungkin mbak hrs ganti kertas rotinya. semoga sukses ya...