Selasa, 12 Juli 2011

Ida's BLUEBERRY MUFFIN


Sebenarnya saya itu bukan pecinta muffin, entahlah...sepertinya kue yang satu ini mudah sekali bikin perut kenyang. Hanya ada satu muffin yang saya suka dari sebuah bakery kesayangan, yaitu muffin dgn buah cherry dan kacang walnut. Jika sedang jalan² di pusat kota dan tiba² perut terasa agak lapar, biasanya saya membeli muffin ini.

Ceritanya hari itu saya sedang belanja di supermarket, trus saya lihat ada buah blueberry yg terlihat segar dan harganya juga masuk diakal. Akhirnya saya ambil 2 kotak dan belum tahu akan dibuat apa, entah dimakan begitu saja atau ditaburkan diatas pancake.
Entahlah, tiba² saya penasaran untuk membuat muffin dengan blueberry, tetapi muffin tersebut harus moist. Lalu saya surfing dan membaca banyak kumpulan resep dan komentar orang² yang sudah pernah mencobanya. Ternyata tidak mudah untuk menemukan resep yang cocok karena selera setiap orang kan berbeda-beda. So...dari pada bingung akhirnya saya mengkombinasikan 3 resep menjadi 1, konsep seperti jalan Jend Sudirman " three in one".
Ternyata rasa muffin ini enak loh, moist dan tidak terlalu manis. Ada baiknya muffin disajikan atau dinikmati se-fresh mungkin, plus ditemani kopi atau teh hangat sebagai teman baca koran di pagi atau sore hari.


Bahan:
250 gr tepung terigu
2-3 sdt baking powder
1/2 sdt peres garam
sedikit vanila bourbon
120-150 gr gr gula kastor/pasir yang halus
2 butir telur uk besar, suhu ruangan
175 ml yoghurt, suhu ruangan
125 ml minyak goreng (cari yang aromanya netral)
150 gr Blueberry segar atau kalau tdk ada dpt pakai yg frozen


Cara membuat:
1. Campur bahan kering spt terigu, baking powder serta garam, ayak.
2. Cuci Blueberry, tiriskan dan keringkan. Setelah itu guling²kan dgn sedikit tepung.
3. Ditempat lain, kocok telur, gula dan vanili hingga tercampur rata (cukup agak kental saja)..
4. Masukkan yoghurt sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dgn wisk.
5. Kemudian tuang tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
6. Lalu tuang minyak goreng, aduk rata.
7. Terakhir masukkan blueberry, aduk rata.
8. Siapkan loyang, susun paper cup untuk muffin atau dapat pula loynag diolesi dgn butter dan ditaburi tepung. Isi adonan kedalamnya hingga hampir penuh. Panggang dalam oven dengan suhu 170-180°c selama 25 menit atau hingga matang.

4 komentar:

Krishna mengatakan...

Lagi ngenet sambil ngemil muffin ini nih. Enak, cuman kurang manis lagi dikit nih. Mumpung ada yoghurt sama blueberry nih Mbak. Hehehe

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
asyik donk...
kalau begitu lain kali harus ditambahkan gula dunk ya. ok...akan resep akan saya reparasi sedikit. Thanks utk input-nya.

Krishna mengatakan...

Mbak, kalo muffin ini dikukus bisa ga ya?

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
good question...mmm...saya rasa sih bisa krn ada unsur baking powder (utk mengembangkan kue), tp saya tdk janji loh. Silahkan kamu bereksperimen, nanti tolong ceritakan hasilnya.