Selasa, 01 Januari 2013

Bakso Urat


Belum lama ini terdengar berita heboh tentang bakso yang terbuat dari bahan yang bukan daging sapi. Berita ini selalu saja terulang kembali. Karena ulah beberapa abang bakso yang tidak jujur, bisa jadi abang bakso yang jujur jadi terkena musibahnya. Mudah²an abang bakso langganan anda tidak tertimpa musibah ini.

Sebenarnya mudah kok untuk membuat bakso sendiri, tetapi memang membutuhkan sedikit ketelatenan.Paling bagus gunakan daging segar dari bagian paha dan buang segala lemmak yg ada. Jika ingin membuat bakso urat, daging tidak perlu digiling terlalu halus.

Kebetulan waktu membuat rendang padang, saya menyisihkan sebagian potongan² daging paha. Sisa² potongan kecil ini saya coba haluskan dengan mesin food processor secara bertahap, maklum...mesin saya ukurannya kecil. Sengaja saya tidak menggilingnya secara halus. Setelah dicampur dan diuleni serta direbus...ternyata rasanya cukup enak, ada rasa kenyal tanpa harus memakai bahan kimia. Asyiiik...rasa bakso seperti ini yang saya suka.

Bahan:
600 gr daging paha segar
60-80 gr tepung sagu/ tepung maizena/tapioka
3-4 siung bawang putih haluskan
4-5 butir es batu
1 putih telur
lada dan garam secukupnya
air kaldu untuk merebus


Cara mmebuat:
1. potong kecil² daging paha. Haluskan daging ke dalam food processor secara bertahap bersama butiran es batu, giling halus atau agak sedikit kasar, tergantung selera anda.
2. Tuang daging yang sudah digiling ke dalam baskom, masukkan lada, bawang putih halus, garam serta putih telur. Uleni secara merata. Terakhir masukkan tepung sagu, uleni kembali (bisa dengan tangan atau mixer - pakai kawat spiral).
3. Panaskan air kaldu ( bisa bikin sendiri atau pakai kaldu buatan - cari yang rasanya enak). Tes rasa baksu dengan merebus 1-2 bola kecil. Cicipi, apakah rasanya sudah cocok. Setelah itu adonan bakso siap dibentuk bulat. Selamat menikmati.
4. Jika jumlah bakso berlebih, bisa dibekukkan dan akan tahan beberapa bulan.


2 komentar:

ummu zahra mengatakan...

aq pernah bikin dg komposisi di atas mb. tp kata org rmh rasanya lbh enak bakso yg biasa dijual abang bakso. hadeeeeww...
#dasar lidah kw, dikasih yg enak malah ga suka..

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo mbak Ummu Zahra,
iya mbak, memang agak sulit untuk mengalahkan rasa bakso abang langganan krn lidah sudah terbiasa dgn selera tersebut.