Selasa, 15 Januari 2013

Macam² bentuk Roti Manis Isi

Sebenarnya sudah beberapa kali saya mencoba resep roti ini. Komposisi rotinya lembut  Biasanya roti hanya saya isi dengan coklat atau keju, maklum...untuk anak² tetangga yang sedang ngambek makan. Kebetulan didapur ada beberapa pisang yg sudah ranum dan semangkuk kecil  puding/vla rasa jeruk, akhrinya saya membuat resep ini lagi. Roti dapat anda isi sesuai selera, misalnya pisang-keju-coklat, selai, ragout, coklat, dll.

Bahan:

untuk Starter:
125 gr tepung terigu
1 gr ragi
80  ml air/ susu hangat

Adonan Roti:
200 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
50 gr gula
4 gr ragi
40 ml susu hangat
25 gr butter
1 butir telur uk sedang
 


Cara membuat:
1. Untuk strater, ada baiknya dibuat malam hari. Campur semua adonan, aduk rata dengan menggunakan garpu atau sendok hingga rata. Tutup adonan dengan plastik folie, diamkan ditempat yg sejuk (bisa juga di dlm kulkas).
2. Dalam baskom bersih tuang semua adonan roti, aduk/mikser dengan rata. Setelah itu masukkan starter (biasanya sdh mengembang), aduk rata dan hingga kalis. Kemudian diamkan adonan di suhu ruangan (hangat) selama 1,5 jam atau hingga adonan membesar.
3. Setelah itu kempiskan adonan (keluarkan udara dari adonan) dgn cara seperti menonjok sambil diaduk merata dgn tangan. Nah...adonan roti ini siap untuk dibentuk atau di isi sesuai selera.






8 komentar:

cynkitchen mengatakan...

hi mba-salam kenal..sy tertarik coba bikin roti buat anak2 nih. ini resepnya sptnya blom komplit ya? tmksh bantuannya!

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Dear cynkitchen,
pada dasarnya resep roti sudah selesai. Adonan roti tinggal dibentuk dan diisi sesuai selera. Mungkin maksud kamu ttg cara membuat bentuk rotinya ya? krn saat membuat roti saya sendirian jadi saya tdk dpt memoto step by step-nya. Bentuk roti manakah yg ingin anda coba, nanti akan saya terangkannvia imel saja ya :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga mbak"

Saya juga tertarik dengan bagaimana cara mbak Ida membentuk rotinya. Yg panjang seperti kepang itu bagaimana? Lalu yg bulat tapi seperti dipilin itu bagaimana cara membuatnya. Apakah dipotong dgn pisau.

Terima kasih banyak sebelumnya mbak Ida.

Salam,
Meryati
Pemula dlm baking2an

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

dear sis Meryati,
mohon tulis almat imel kamu atau coba kirim pertanyaan kamu ke : idas_kitchen@yahoo.com. nanti akan saya jelaskan per-mail ya. terima kasih :).

Anonim mengatakan...

hai mbak salam kenal...asik resep roti manisnya,makasih..mo nanya, terigu yg dipakai itu terigu biasa ato yg protein tinggi,baik untuk starter dan adonan rotinya? setelah diisi, apakah harus didiamkan lagi mbak? makasih
salam...
Rayihanun...

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo mbak Rayihanun,
disini saya hanya memakai tepung terigu biasa. Saya belum pernah mencoba bikin roti dgn memakai tepung protein tinggi. Ttp jika mbak lebih suka pakai tepung yg lain, silahkan saja. Benar, setelah diisi, adonan roti didiamkan sekitar 30 menit.

Anonim mengatakan...

Gmana roti manis kesannya basah. Tidak seret

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

maksud mbak roti berkesan basah atau mengkilap ya? kalau kesannya basah saya tdk tahu mbak ttp kalau mau mengkilap, coba campur kuning telur utk olesan dgn sedikit air atau susu, aduk rata lalu oleskan. Utk bag permukaan roti yg agak keras ( jenis roti yg lain) setelah roti matang dan diangkat dari oven, roti bisa dioles sedikit butter cair (roti hrs masih panas).