Selasa, 25 Juni 2013

Kue Rangi


Lagi kangen cemilan betawi yang satu ini. Dulu waktu jaman masih sekolah, kue tradisional ini sangat mudah ditemukan, terkadang si abangnya ngetem didepan sekolah atau melewati daerah perumahan. Sekarang cemilan ini hampir terlupakan. Coba tanyakan kepada putra-putri anda, apakah mereka mengenal cemilan ini ? padahal rasanya cukup enak, ada aroma "smoke" karena dipanggang dgn arang/kayu. Belum lagi saus gula merah yang kental dan beraroma durian atau mungkin nangka/cempedak.

Setelah semua bahan ada dirumah, percobaanpun dimulai. Ternyata mudah loh, rasanya juga tidak kalah enak, hanya kurang aroma "smoke" aja....Resep saya ambil dari sajian sedap.

Bahan:
200 gr kelapa, parut kasar
400 gr tepung sagu ( bisa juga pakai tapioka)
1 sdt garam
125 ml air

Saus:
150 gr gula merah
200 ml air (aku pakai air panas)
5 sdt tepung sagu/maizena/tapioka, cairkan dgn air ( aku pakai hanya 3 sdt, tergantung selera )
sedikit potongan nangka/cempedak, durian atau aroma lainnya (daun pandan, daun jeruk, dll)

Cara membuat:
1.  Utk Saus: campur gula merah, air dan buah/aroma hingga gula larut. Saring airnya.
2. Cairkan 3-5 sdt tepung sagu/maizena dgn sedikit air, kemudian ambil sedikit air gula dan campurkan, adu krata. Kemudian tuang cairan ini ke dlaam saus gula, masak hingga kental. Sisihkan.
 3. Untuk adonan: Campur sebagian kelapa dengan tepung, uleni dengan tangan secara merata. Tuang sebagian air, uleni kembali. Demikian selanjutnya hingga semua bahan dasar tercampur dengan rata. Siang untuk dipanggang.
4. Panaskan cetakan atau wajan. Tuang sedikit adonan secara merata. Tutup dan panggang hingga bagian bawah agak kuning kecoklatan. Kalau saya, adonan dibalik sebentar.



Tidak ada komentar: