Selasa, 08 April 2008

Kue Semprong


Siapa yg tdk kenal cemilan ringan yg satu ini. Sejak masih kanak² saya sgt menyukai cemilan ini, tentu saja beli dari tukang yg lewat didepan rumah. Sekarang saya bisa mencicipi kapan saja saya ingin.

Resep ini didapat dari teman mertua. Saya sdh coba beberapakali, rasanya enak dan renyah. Tentu saja anda bisa melipat adonan yg sdh jadi dgn berbagai cara, bisa digulung spt rokok, dilipat seperti saputangan, dibentuk spt mangkuk, digulung spt Corn utk ice-cream, dilipat spt risoles (ini agak sulit krn adonan panas dan cepat mengeras), atau yg sesuai dgn selera anda.



Bahan:
250 gr tepung terigu
150 gr gula (bisa gula pasir atau brown sugar )
2 butir telur uk sedang
380 ml air mendidih
1 sdm minyak goreng
75 gr mentega
1-2 sdm air jeruk lemon.
vanili
sedikit garam
Aroma tambahan/pilihan rasa:
kayu manis bubuk atau parutan kulit jeruk.
Mungkin bisa pula diberi parutan jahe atau wijen yg sdh disangrai, tp yg ini saya blom pernah mencobanya.

Cara membuat:
1.Air mendidih dicampur dgn gula, aduk hingga gula mencair, biarkan hingga dingin.
2. Kocok mentega hingga putih, masukkan telur, kocok hingga benar² tercampur.
3. Masukkan bubuk kayu manis, garam, lalu tepung sedikit demi sedikit sambil diselingi dgn air gula yg sudah dingin (mixer dikecilkan, awas adonan muncrat).
4. Setelah seluruh adonan tercampur, masukkan perasan air jeruk ,parutan kulit ari jeruk serta minyak goreng. Aduk rata setelah itu diamkan adonan minimal 2 jam atau bisa lebih ( ini disarankan ). Maksudnya adalah supaya adonan bisa benar² tercampur dgn baik dan rata.
5. Setelah itu tes adonan, jika masih kental bisa ditambah 2-3 sdm air putih. Siap utk dipanggang.

Untuk : 35 - 40 potong kue semprong





4 komentar:

KUE MAMA mengatakan...

mba, aku boleh copy resepnya ya.. kebetulan aku dapat pesanan kue semprong berbentuk mangkuk untuk tempat es krim. tapi aku kesuliatan waktu membuatnya. aku minta tolong kalau mba ida punya tip and triksnya.thanks before and after.

siti zulaicha

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo Ibu Zulaicha,
sebelum membakar kue, siapkan sebuah mangkuk kecil disamping mesin waffel. Panggang waffel sesuai petunjuk, jika sdh matang segera angkat dan letakkan di mangkuk, biarkan sebentar hingga waffeln mengeras....voila...jadi deh waffel berbentuk mangkuk.

wakan mengatakan...

misi mba, saya masih pemula dalam memasak, namun saya tertarik dengan kue semprong buatan anda yang berbentuk mangkok. bisa tidak ya saya minta contact person mba? jd saya bisa tanya2 tentang adonan dan cara pembuatannya lebih lanjut. trims mba.

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo sdri/sdr Wakan,
anda dapat kirim mail via blog ini kok. terima kasih sdh mampir.