Senin, 14 April 2008

Nasi Tim Ayam-Jamur


Kemarin saya isenk buka website tabloid Nova setelah sekian lama tdk berkunjung, maklum websitenya sekarang agak susah utk dibuka, butuh waktu yg lamaaaa sekali, jadi malez utk menunggunya. Rupanya hari itu cukup mudah utk koneksi kesana. Setelah ngintip beberapa koleksi resepnya, saya memutuskan utk mencoba membuat masakan yg satu ini. Mungkin enak dingin² begini makan nasi tim. Saya hanya membuat 1/2 resep saja krn ingin tahu terlebih dahulu seperti apa rasanya.

Bahan:
250 gr beras
500 ml kaldu ayam ( saya pakai lebih, tergantung jenis berasnya)
250 gr jamur kancing (saya pakai jamur kancing dlm kaleng )
250 gr filet ayam, potong kecil ²
daun bawang diiris kasar
5 bawang putih, cincang halus
2 sdm kecap manis ( bisa lebih )
2 sdm kecap asin (bisa lebih )
lada serta minyak utk menumis

Cara membuat:
1. Tumis sebagian bawang putih hingga harum, masukkan potongan daging ayam, aduk rata. Setelah itu masukkan jamur, lada, kecap asin dan manis. Masak dgn api kecil dan wajan ditutup. Terakhir masukkan irisan daun bawang. Masak hingga air kering.
2. Tumis sisa bawang putih hingga harum, masukkan beras yg sdh dicuci. Aduk rata dan diangkat dari api.
3. Siapkan wadah, tuang ayam-jamur didasarnya setelah itu beras. Lalu tuang kaldu ayam hingga menutupi bagian beras, lebihkan sedikit. Di Nova, mereka menulis 1 ruas jari, tetapi dari pengalaman saya ini tergantung dgn bentuk wadahnya.
4. Kukus hingga matang (saya membutuhkan 25-30 menit).
Menurut saya rasa nasi tim ini lumayan enak, bisa dimakan dipagi dan malam hari.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

hallo mba salam kenal,

aku suka banget baca blognya mba, variatif sekali menu nasinya. mau tanya mba,untuk buat nasi jamur pakai beras apa yah mba karena hasil butiran nasinya bagus sekali. kalau aku biasa buat kok jadi agak benyek, butiran nasinya ga sebagus buatan mba. thanks yah mba

liana

Unknown mengatakan...

hallo mbak Liana,
terima kasih atas komentarnya. selama ini saya selalu memakai beras pandan wangi mbak. mungkin penggunaan jumlah air kaldunya hrs dikurangi mbak, spy nasi tdk menjadi lembek. semoga sukses ya :)