Jumat, 04 April 2008

Asparagus cream soup


Weekend kemarin saya pergi ke pasar tradisional utk membeli bbrp keperluan sehari², diantaranya adalah 2 kg Asparagus. Saya lihat sayuran ini cukup segar dan bersih.

Sisa dari asparagus saya buat sup. Resep diambil dari sebuah buku masakan.


Bahan:
1 kg Asparagus
sedikit garam, gula dan butter
1 bawang bombay, iris halus
30 gr butter
2 sdm tepung terigu ( saya pakai 1-1 1/2 sdm )
250 ml kaldu ayam
100 ml susu cair
lada dan garam secukupnya (optional)

Hiasan:
100 ml whipped cream, kocok kaku
sedikit Cheyene pepper (klo tdk ada pakai paprika bubuk jenis pedas)
daun hijau dicincang halus, bisa peterselie atau jenis yg anda suka

Cara membuat:
1. Cuci bersih asparagus. Kupas dan kumpulkan kulitnya. Rebus kulit ini bersama 1 liter air, garam, gula dan butter selama 15-20 menit. Saring dan ambil airnya ( kira² 750 ml ).
2. Potong bag kepala asparagus, masukkan ke dlm air rebusan (nr.1). Masak selama 2-3 menit . Setelah itu pisahkan antara kepala asparagus dan air rebusannya. Sisihkan asparagus yg sdh direbus.
3. Asparagus yg masih mentah dipotong kecil².
4. Panaskan butter, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan asparagus, tumis sebentar. Kemudian masukkan tepung, tumis sebentar.
5.Lalu masukkan air rebusan asparagus, susu dan kaldu ayam. Masak dgn api kecil selama 15 menit.
6. Blender sup ini hingga halus. Jika ingin lebih "fine" bisa disaring. Cicipi apakah sdh sesuai dgn selera. Klo sup saya diberi sedikit garam dan lada.
7. Siap utk dihidangkan. Beri sesendok whipped cream kocok, sedikit spargel yg sdh direbus, taburi dgn dedaunan dan Cheyenne pfeffer ato paprika bubuk.
8. Jika suka anda bisa memberi irisan tipis smoked salmon tp cari yg aromanya mild. Terkadang smoked salmon mempunyai aroma yg kuat (smoky and fishy), hal ini bisa menganggu aroma dari sup itu sendiri.



1 komentar:

nikeyudi mengatakan...

Hallo mbakku....iya nih, kita dah 5 bln ini ke Bangkok, ayoo mbak, mampiiiiiirrr...
Kalo ke Bangkok bilang2 lho yaa?hubungi aku jgn lupa ;).
Aku dah lama kangeeeen tp lupa alamat blognya maklum yg dulu2 ke apus di kompi yg di Bld. maafkan yaaa...