Rabu, 11 Juli 2007

Ayam Kukus Rolade



Resep ini didapat dari sebuah website, saya lupa alamatnya...entah detik food atau yg lainnya. Rasanya cukup enak hanya saja dibutuhkan sedikit kesabaran dlm mempersiapkan semuanya. Sausnya saya modifikasi, krn resep yg asli hanya memakai saus bbq dan tepung terigunya saya kurangi. Ah...ya, kalo saya setelah ayam dikukus lalu saya goreng sebentar utk mendptkan warna kecoklatan.


Bahan:
500 gr Ayam-bag dadanya, haluskan
1 butir Telur
3-4 sdm whipped cream cair
1 sdt teh garam
1/2 sdt merica halus
1/4 - 1/2 sdt pala bubuk
2 sdm bawang goreng (kalo saya bikin bawang sendiri spy aromanya lebih harum)
1 sdm terigu

Isi: Bayam segar yg dicelupkan diair mendidih sebentar atau bisa yg beku. Tiriskan.
Wortel, klo saya direbus sebentar dgn air dan garam.

Saus:
1 bawang bombay
1 sdm saus bbq
1-2 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
1/2 - 1 sdm tepung terigu
250 ml susu cair (kalo saya pakai kaldu atau fond, bisa ayam atau sapi)
merica, pala, garam secukupnya
1 sdm mentega utk menumis.
bbrp tetes zuckerkulör (optional- special warna utk makan)

Cara membuat:

1. Campur semua bahan utama hingga rata.
2. Bungkus wortel dgn daun bayam
3. Siapkan plastik atau alumunium-foil, ambil adonan dan pipihkan. Letakkan wortel berbalut
bayam diatasnya. Tutp lagi dgn adonan ayam. Gulung rata. Lakukan hingga adonan habis.
4. Kukus adonan selama 20-30 menit.

Saus:
1. Panaskan wajan, tumis bawang dgn mentega hingga harum.
2. Masukkan terigu ke dlmnya, aduk hingga kuning kecoklatan.
3. masukkan semua saus kedalamnya. Lalu tuang air kaldu. Aduk rata.
4. Masukkan merica, pala serta garam. Cicipi apakah sdh sesuai dgn selera.


Tidak ada komentar: