Sabtu, 21 Juli 2007

Pepes Udang


Kebetulan saya masih punya stok udang di freezer, kan tdk bagus kalau udang didiamkan terlalu lama disana. Trus coba surfing deh, iseng mencari resep unik yg menggunakan udang. Kebetulan di sedap-sekejap ada resep pepes udang. Seingat saya sih, kayaknya selama ini saya belum pernah memakan pepes udang. Sooo....perlu dicoba resep yg satu ini. Disini saya menambahkan pepes dgn pete dan cabe merah. Ternyata rasanya enak dan aromanya mengiurkan, apalagi dimakan dgn nasi hangat plus lalap dan sambal terasi....muantab deh.

Bahan:
500 gr udang, kupas dan haluskan
1 butir kelapa parut (saya pakai kelapa kering 120 gr)
2 siung bawang putih
8-10 siung bawang merah
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt garam
pete, belah 2, iris kecil² ( optional )
10-12 cabe merah atau cabe rawit ( optional ), tusuk² sedikit dgn ujung pisang ato garpu
daun pisang utk membungkus


Cara membuat.
1. Haluskan garam, bawang merah dan bawang putih
2. Jika anda memakai kelapa kering, basahkan kelapa dgn air yg cukup banyak (jgn hanya lelmbab ya...nanti saat matang pepes bisa terlalu kering . Utk lebih nikmat anda bisa beri beberapa sendok makan santan kedlm adonan).
3. Setelah itu campur semua adonan, udang, bumbu halus, kelapa parut, lada serta pete.
Aduk rata.
4. Bungkus adonan dgn daun pisang, tengah²nya beri cabai bulat.
5. Krn penasaran, saya pakai 2 cara utk memasaknya:
- sebagian saya kukus baru kemudian dipanggang
- sebagian lagi langsung dipanggang di atas bara api/oven sampai matang.

Ps: klo makan pepes-nya sendirian lebih baik bikin setengah saja atau 2/3nya

Tidak ada komentar: