Senin, 23 Juli 2007

Kasutera



Sebenarnya saya bukan penggemar kue sponge cake yg resepnya tanpa menggunakan butter ato margarine, krn rasanya bisa bikin seret ditenggorokan. Hanya saja kebetulan saya menemukan sebuah resep yg sepertinya menarik utk dicoba. Katanya sih nama lain dari cake ini adalah Castella, adapula yang menyebut sponge cake Jepang. Menurut cerita katanya cake ini berasal dari Spanyol, tetapi orang² Portugis lah yang mempopulerkannya. Cerita selanjutnya anda bisa baca di wikipedia yah.

So...krn penasaran saya mencoba utk membuatnya. Resep diambil dari "diana'sdessert.com", tp saya hanya memakai 1/2 resep saja. Jujur aja...kue ini bukan favorit saya.

Bahan:
1 cup gula ( kira² 200-225 gr )
1/4 cup madu or sirup maple (kira² 60-65 ml)
1 sdt vanili
1 sdt ekstrak jeruk lemon
1/4 sdt garam
7 butir telur, pisahkan
1 cup terigu (kira² 100 gr )
1/8 sdt cream of tar-tar

Cara membuatnya:
1. Campur di baskom kuning telur, gula, madu, garam, vanili dan ekstrak lemon. Kocok semuanya diatas air panas (spt di tim) selama kira² 4-5 menit sampai kuning telur putih dan mengembang.
2. Ditempat lain, kocok putih telur hingga mengembang (gunakan mixer dgn nr rendah hingga kencang), masukkan cream of tar-tar, kocok selama 1 menit atau hingga soft-peak.
3. Campur ke dua adonan, aduk dgn menggunakan whisk, supaya adonan tetap volume or td kturun.
4. Tuang ke dlm loyang (dilapisi dgn kertas parchment). Panggang selama 30-40 menit dgn suhu 150-160°c
5. Setelah matang, dinginkan selama 20 menit. Kue siap dipotong.


Kesan saya ttg kue ini:

- strukturnya agak mirip karet busa, mungkin krn hanya menggunakan sedikit tepung dan tanpa butter or mentega. Tetapi saat dimakan tidak seret ato kering ditenggorokan hanya ada perasaan aneh aja gicu...
- kalau anda memakai kulit jeruk yg dikeringkan merk"oetker", menurut saya porsinya lebih baik agak dilebihkan sedikit supaya aroma jeruknya lebih nyata.



Tidak ada komentar: