Minggu, 09 Maret 2008

Pancake Soup


Pertama kali lihat sup ini yaitu disebuah resto yg sangat terkenal dgn masakannya yg enak, kira² 4 tahun yg lalu. Dahulu menurut saya sup ini agak aneh, hanya air kaldu sapi plus irisan pancake.  Jika sedang musim hujan dan suhu terasa agak dingin, rasanya pas gituh makan sup yg hangat dan enak spt ini. Hanya saja anda harus perhatikan rasa dari sup kaldu sapi-nya, harus handmade dan aromanya jangan tercium aroma kaldu instan.

Sudah menjadi kebiasaan saya jika sedang mood masak sup/kaldu sapi, biasanya membuat agak banyak kira² 3 -4 liter. Saya membeli daging khusus utk sup plus tulang belulang sapi yg cukup banyak. Setelah 1 jam dimasak, saya beri beberapa bumbu spt pala, lada, cengkeh dan garam. Jgn lupa masukkan bbrp potong bawang bombay yg sebelumnya di belah dua dan dimasak sebentar di wajan yg telah dioleas minyak hingga berwarna coklat tua.

 
Masak sup selama 3-4 jam dgn api kecil. Cicipi apakah rasanya sdh sesuai, jika kalian suka bisa diberi kaldu instant tp hanya sedikiiit saja yah. Saya biarkan sup semalam ditempat dingin supaya lemak² dari rebusan daging dan tulang membeku dan mengapung. Kemudian anda bisa membuang lemak² ini dan juga mengiris daging sapinya sesuai dgn keinginan anda.

Lalu sup saya tuang ke bbrp kotak kecil, saya beri irisan sayuran sedikit (tumis sebentar sayurannya) dan saya bekukan.


Utk Pancake:

Bahan:
100 gr tepung
2 butir telur uk sedang
10 gr butter, lelehkan
200 ml susu cair
garam dan sedikit gula

Cara membuat:
1. Aduk semua bahan hingga rata. Biarkan sebentar supaya adonan benar² menyatu.
2. Dadar adonan hingga matang. Gulung dan biarkan dingin supaya mudah utk diiris.
3. Letakkan pfannkuchen yg sdh diiris ke dlm piring. Tuang sup kaldu sapi.
4. Taburi sup dgn irisan semacam daun kucai ato bisa juga irisan Peterselie.






Tidak ada komentar: