Sabtu, 15 Maret 2008

Japanese style Mascarpone cake

Setelah sekian lama tidak membuat kue akhirnya tangan ini mulai gatal. Tadinya sih saya ingin membuat JCC tetapi berhubung di kulkas adanya cuma mascarpone...ya....dicoba saza la yau. Resep JCC saya ambil dari Yasaboga tetapi saya hanya membuat 1/2 adonan saja. Sayang uwe tdk terlalu suka dgn kue² bolu, jadinya itu kue saya makan sendirian deh.


Resep JCC ( Yasaboga)

Bahan:
50 gr tepung terigu (25 gr )
50 gr tepung maizena ( 25 gr )

60 gr butter ( 30 gr )
250 gr cheese cream ( 125 gr mascarpone )
120 ml whipped cream cair ( 60 ml susu cair - saya pakai ini utk mengurangi lemak )

5 kuning telur ( 3 kuning telur )
1 butir telur ( --- tdk dipakai -- )
5 butir putih telur ( 3 putih telur )
125 gr gula pasir halus ( 60 gr )
1/8 sdt garam ( secukupnya )
1 sdm air jeruk lemon ( 1/2 - 1sdm )
2 sdt parutan kulit jeruk lemon ( jika tdk suka bisa diganti dgn aroma yg lain )

Olesan: Selai aprikose yg dicampur dgn air dan dimasak sebentar ( 1:1 ).

Cara membuat:
1. Siapkan loya, alasi dgn kertas minyak dan olesi dgn mentega. Panaskan oven 150°c.
2. Masak dgn api kecil cheese cream, whipped cream dan butter hingga adonan tercampur. Angkat dari api dan aduk² sebentar. Lalu masukkan campuran tepung , aduk rata. Setelah itu masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga berbusa, setelah itu masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok rata. Lalu masukkan air jeruk lemon dan garam. Kocok rata.
4. Ambil sedikit kocokan putih telur ke dlm adonan cheese cream, aduk perlahan. Setelah itu campuran adonan ini kedlm putih telur, aduk hingga rata.
5. Tuang ke dlm loyang. Panggang antara 60 - 75 menit dgn cara au bain marie hingga kuning kecoklatan.


Komentar:
Berhubung saya memanggang dgn menggunakan mascarpone, jadi aroma kejunya kurang terasa. Maklum deh ya...mascarpone itu kan hampir tdk ada aromanya. Yg penting rasa kue tetap enak kok.






Tidak ada komentar: