Senin, 12 Mei 2008

Raspberry Souffle


Raspberry, buah mungil yang satu ini sangat saya suka, baik dimakan begitu saja atau sebagai teman sarapan pagi dgn cornflakes. Kali ini saya ingin membuat dessert dgn dasar dari buah ini dan dimakan saat masih hangat. Biasanya saya tdk suka dessert yg hangat tetapi berhubung jenis dessert ini cukup ringan, saya akan mencobanya. Rasanya cukup enak dan utk membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Saya memang kurang puas akan bentuknya, saat dibakar souffle benar² mengembang seperti jamur tetapi ketika api mulai dimatikan tiba² souffle mulai menyusut. Satu hal lagi, jenis dessert ini harus disajikan secepatnya atau dlm keadaan masih hangat (fresh from oven).


Bahan:
150 gr Raspberry (bisa pakai yg beku)
1 sdm gula pasir
1/2 sdt gula-vanille
2 butir telur
3 sdm gula halus
25 ml Orange juice (peras sendiri)
20 gr Tepung maizena ato tepung kentang
sedikit mentega untuk menyemir cetakan

Cara membuat:
1. Raspberry beku didiamkan dlm suhu ruangan.
2. Pisahkan putih telur dan kuningnya. Campur kuning telur, gula-vanilli dan 1 sdm gula halus. Kocok hingga kental dan mengembang. Kocok putih telur sebentar, lalu masukkan 1 sdm gula halus, kocok hingga berbusa.
3. Campur raspberry, 1sdm gula dan orange juice. Blender hingga halus.
4. Masukkan raspberry ke dlm adonan kuning telur, aduk rata dgn menggunakan whisk. Setelah itu masukkan tepung maizena ke dalamnya, aduk rata.
5. Ambil sedikit adonan putih telur ke dlmnya, aduk perlahan. Setelah itu tuang adonan ini ke dlm putih telur. Aduk perlahan dan rata.
6. Semir cetakan butter atau mentega. Tuang adonan souffle ke dlmnya. Panggang adonan souffle dgn cara au bain marrie didlm oven dgn suhu 160-170°c selama 20-25 menit atau hingga matang (gunakan air panas saat memanggangnya). Taburi dgn sisa gula halus saat penyajian.

Ps:
Souffle ini sangat cepat sekali melepesnya, padahal waktu di panggang bentuknya benar² menjulang.
Jika anda ingin membuat foto, persiapkan semua alat untuk memoto sebelum souffle dikeluarkan dari oven.
Kalau tidak cepat walhasil akan terlihat seperti souffle saya ini.




Tidak ada komentar: