Rabu, 21 Mei 2008

Jaga Kesehatan

Antipasti ala ida

Kemarin saya sangat gembira karena hasil tes darah saya sangat bagus. Menurut pak prof, hasil tes darah saya belum pernah sebagus ini termasuk hasil tes sel darah putih juga sgt memuaskan (saya memeriksa darah secara teratur sejak 6 tahun). Sejak awal tahun ini pemeriksaan darah saya cukup intensif, selain itu saya juga diharuskan meminum obat penurun kolesterol krn menurut cerita kandungan kolesterol didlm darah saya cukup tinggi. Saya sempat agak sedih krn menurut perkiraan rupanya kandungan kolesterol ini terjadi krn faktor keturunan.

Sejak saat itu saya berusaha utk benar² mengawasi pola makan, target saya adalah kolesterol harus turun. Alhamdulillah.....target kali ini tercapai, kandungan kolesterol saya benar² turun mulai dari 245 mg , lalu 215 mg dan terakhir 150 mg. Menurut cerita pak prof katanya nilai 150 mg ini adalah nilai yang benar² sempurna dan harus dijaga. Sisi negatif dari pertemuan dgn pak prof ini adalah, saya tetap diharuskan minum obat Sortis hingga akhir tahun. Tentu saja saya agak sedikit kecewa krn saya berpikir bhw saya akan bebas dari pil menurun kolesterol ini. So....target saya utk tahun depan adalah bebas dari pil sortis ini krn saya tdk suka menelan bahan kimia ini dan selain itu harga pil ini benar² bikin tongpes.

Walaupun demikian saya tdk ingin hobby memasak saya jadi mandek. Saya akan berusaha utk tetap menulis posting resep² baru tetapi mungkin lebih menekankan kpd masakan yg tdk terlalu mengandung banyak lemak. Sesekali saya akan mencoba resep yg mengandung "bom kolesterol", misalnya resep dgn banyak butter dkk, tetapi tentu saja saya hanya akan memakan sedikit, sekedar utk melepaskan kerinduan.





2 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak boleh tau resep antipastinya?

Unknown mengatakan...

Hallo sdri Anonym,
sebenarnya antipasti itu adalah makanan pembuka di resto itali. Terdiri dari berbagai jenis dlm porsi kecil, berasal dari sayuran atau daging asap. Utk anti pasti jenis sayuran, biasanya sayuran dipanggang(paprika, setelah dipanggang, kulit dikupas dan dipotong², nanti diberi saus,yg berasal dari minyak olive,vinaigrette/dpt pula air jeruk lemon, bawang putih cincang, lada, garam serta daun basil) atau dpt juga sayuran dipanggang (zuchinni, terong,asparagus,brokoli-ini direbus/dikukus sebentar, dll) dgn penggorengan teflon dan beri minyak sedikit saja, trus beri lada dan sedikit garam. Utk yg warna putih itu adalah keju mozarella yg dialasi tomat, diatas tomat diberi lada, garam dan sedikit minyak olive serta balsamico/vinaigrette(saya pakai jenis yg gelap).