Sabtu, 05 Juli 2008

Lapis Legit


Sudah lama saya ingin mencoba membuat kue yg satu ini lagi. Dahulu saya memang pernah mencoba, rasanya cukup enak walaupun belum seperti yang saya inginkan. Resep ini diambil dari majalah Santap.
Sebenarnya di beberapa negara Eropa ada juga kue yg hampir menyerupai kue lapis legit,
hanya saja bentuknya berbeda. Misalnya kalau di jerman namanya Baumkuchen ( Kue Pohon ) . Kalau Baumkuchen bentuknya bulat dan ada lekukannya, dibagian tengahnya berlubang. Saat dibakar, kue ini bentuknya panjang spt gelondogan kayu (dibakarnya pakai gas/api berbentuk khusus, tanpa oven) atau "klik ini" jika ingin melihat foto original Baumkuchen dgn lebih jelas. Jika sdh matang, dipotong disetiap lekukan, baru kemudian dibanjur dgn glasur atau dark chocolate, maksudnya biar supaya tahan lama dan tdk mudah kering. Biasanya Baumkuchen bisa didapat/dibeli dimusim winter atau menjelang hari Natal.
Suami dan ibu mertua menyukai kue lapis legit ini, sayangnya kita tdk bisa memakan seenaknya krn mengandung banyak kolesterol. Mungkin nanti saya akan membandingkan resep antara lapis legit dan baum kuchen dan mencoba utk mencari jalan keluar, bagaimana mengurangi lemak/kolesterol tetapi tetap menghasilkan rasa yg enak.


Sebenarnya untuk membuat kue ini tidak susah hanya saja dibutuhkan kesabaran saat membakarnya. Berhubung saya menggunakan oven listrik, saat membakar saya hanya menggunakan api atas saja. Saya pernah menggunakan api atas-bawah sampai lapisan ke 3, tetapi hasilnya tidak bagus alias agak gosong dibagian bawahnya.

Bahan:
18 kuning telur

180 gr gula bubuk
1 sdt vanili extract

180 gr margarine
180 gr butter
2 sdm susu kental manis
60 gr tepung
2 sdt bumbu spekuk

Olesan: mentega/butter tawar secukupnya

Cara membuat:

1. Kocok kuning telur hingga mengemabng, masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit. Kocok terus dgn kecepatan tingga hingga adonan putih dan kental. Masukkan vanili extract, kocok rata.

2. Ditempat terpisah, kocok butter dan margarine hingga lembut, masukkan susu kental manis. Kocok hingga benar² tercampur. Masukkan ke dalam adonan telur setahap demi setahap. Aduk perlahan hingga rata.
3. masukkan campuran tepung dan spekuk ke dalam adonan, aduk rata.
4. Panaskan oven 200°c dgn api normal. Siapkan loyang ukuran 22x14 cm. Alasi dgn kertas roti dan olesi dgn sedikit mentega.

5. Tuang 1 1/2 sdm adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang sampai berwarna kuning kecoklatan. Tekan adonan yg sdh matang, olesi dgn mentega. Ulanggi lapisan kedua dgn cara yg sama. Pada lapisan ke 3 gunakna api atas.

6. Jika sdh selesai kue bisa di tes apakah sdh benar² matang. Jika kue masih basah, panggang lagi selama 5-7 menit dgn api biasa.
7. Keluarkan kue dari oven, dinginkan. Baru kemudian keluarkan dari loyang.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

hiiiiiiiiiiiiiiiii

you are fantastic!!!

a kiss for you, my dear friend!

god bless u dear

can we exchange our link

r u ready to do?


hiiiiiiiiiiiiiiiii

você é fantástico!

um beijo para você, meu caro amigo!

Deus te abençoe u Caro

podemos trocar os nossos link

r u disposta a fazer?