Senin, 28 Juli 2008

Sate Udang


Jika saya diundang makan di resto cina langganan tetapi perut saya tdk merasa terlalu lapar, biasanya saya selalu memesan sate udang. Sebenarnya menu ini adalah menu pembuka dimana setiap porsi hanya terdiri dari 2-3 potong sate, tergantung besar kecilnya udang. Tetapi bagi saya porsi ini cukup apalagi jika disertai semangkuk salat dan beberapa sendok nasi plus sambal goreng favorit saya...mmmm....leckerrrr......
Ceritanya sabtu kemarin saya pergi ke super market utk membeli King Prawns dan ingin mencoba membakar sate ini dirumah. Dibutuhkan waktu dan kesabaran utk membersihkan udang ini dan tdk heran jika di resto harga menu ini menjadi cukup mahal. Saya sangat puas dgn rasanya, tekstur dagingnya juga lembut. Saya makan sate ini hampir 1/2 kg sendirian.....minggu depan akan bikin lagi ah.....

Bahan:
500 gr udang yg besar
2-3 sdm air perasan jeruk Sunkis/Orange
3 sdm minyak goreng
sedikit lada (kalau bisa pakai lada hitam)
sedikit garam
beberapa tusukan sate (rendam sebentar didlm air)

Cara membuat:
1. Kupas kulit udang, sisakan bagian ekor dan kepala.
2. Belah udang secara memanjang, bersihkan dari ususnya (spt benang berwarna hitam). Bersihkan bagian kepala dgn cara memencetnya secara lembut, hingga semua kotoran hilang (dibawah kucuran air).
3. Campur air jeruk, minyak, lada dan garam. Masukkan udang ke dalamnya. Sisihkan selama 1 jam.
4. Tusuk udang dgn tusukan sate. Siap utk dipanggang atau dibakar. Jika perlu olesi kembali sate dgn minyak dan beberapa menit sebelum diangkat taburi lagi dgn lada.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tenkiu yah resepnya.
Gileee deh fotonya bikin perut gw keroncongannnnnn ... huhu.
Oh iya, manggangnya berapa lama Da, biar dagingnya gak jadi alot?

Tira

Anonim mengatakan...

Kalau black tiger sama gak yah Da sama king prawns? Kemaren gw mau beli, tp jadi ragu-ragu. Pan sayang kalau sampe salah.

Tira