Rabu, 23 Juli 2008

Kue Talam


Dahulu sewaktu masih tinggal di daerah Senopati-Senayan, saya sering sekali memakan cemilan yg satu ini. Saya lahir dan besar didaerah tersebut dimana hubungan persaudaraan masih terasa sekali, maklumlah namanya juga daerah perkampungan betawi. Nenek dan kakek saya org betawi jadi mau tidak mau rangkaian hubungan persaudaraannya banyak sekali. Salah satu saudara nenek yg jago bikin kue basah adalah Nyak Encop. Spesialis beliau adalah kue talam (hijau, ubi, nangka, ebi ), kue pepe, kue gemblong (ketan hitam ato gula merah), kue apem, kue putu mayang, dkk. Jika saya bandingkan kwalitas kue buatan beliau menyamai kue basah dari Mon Ami. Setiap sore beliau selalu melewati daerah rumah kita dan kami sekeluarga selalu menjadi pelangganan setia. Terkadang saya suka diajak nenek berkunjung kerumah beliau, melihat beliau memasak kue dan biasanya saya selalu mendapat bbrp potong kue gratis utk dibawa pulang.

Kalau nenek saya jago membuat kue geplak. Saya ingat jika pulang sekolah (SD) saya sering melihat dan terkadang membantu beliau menggiling ketan. Kalau lagi baik, beliau terkadang mengijinkan saya utk mencoba mencetak kue geplak sendiri. Saudara nenek yg lain bernama Enyak Omeh jago membuat kue cina, kue unti, kue bugis dan kue pisang. Kue cina buatan beliau tdk mudah bulukan, kalau kue bugisnya waaah....berasa sekali ketannya dan unti (isi)-nya tdk lembek dan rasa manisnya pas sekali.
Karena kangen ingin makan kue ini dan tidak tahu dimana tempat menjual kue talam yang enak, akhirnya saya tertarik untuk membuat kue talam sendiri. Kebetulan kemarin saya membeli sekotak nangka segar, lalu terciptalah ide membuat kue basah ini. Rasanya cukup enak tetapi belum menyamai kwalitas dari kue buatan Enyak Encop.

Bahan:
125 gr gula merah, iris²
350 ml-360 ml santan cair
100 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
sedikit vanili atau daun pandan

Lapisan atas:
150 ml santan cair
40 gr tepung beras
10 gr tepung sagu
1/3 sdt garam

Hiasan:
1-2 butir Nangka, potong²

Cara membuat:
1. Masak gula merah, garam, vanili dan santan dgn api sedang hingga gula mencair (tdk mendidih). Angkat dari api dan aduk² sebentar hingga suhu agak turun.
2. Tuang tepung beras, aduk rata. Kemudian masukan tepung sagu, aduk hingga adonan benar² tercampur.
3. Panaskan kukusan. Olesi loyang dgn minyak goreng dan panaskan didlm kukusan. Tuang adonan gula merah ini kedlmnya, tutup kukusan. Masak selama 10-12 menit.
4. Utk adonan putih: hangatkan santan bersama garam, biarkan suhu agak turun. Setelah itu masukkan tepung, aduk rata. Tuang adonan lapis atas, taburi dgn potongan nangka. masak selama 5-7 menit.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Aje gilleee si Ida, bikin kue gak mbagi2 ..
Tapi mungkin Da, kalau loe sering ngebikin kuenya, lama-lama kualitas rasanya bisa sama dengan buatnya nyak Encop.

Tira

Rinta Puspita Rakhmawaty mengatakan...

telat kasih comment, mbak ida keren euy..........tetep suka makanan Indonesia walo udah tinggal di luar negeri. btw sekarang tinggal di mana mbak?
ada account fb?
thanx