Kamis, 10 Juli 2008

Japanese Style Cheesecake - 100th Posting

Tidak terasa sdh lebih dari 1 tahun blog ini terpajang dgn gratis ( tengkyu yah Blogspot, mudah²an gratis forever.... ). So, kali ini adalah posting yang ke 100 dari koleksi resep dan goresan tulisan saya. Oleh karena itu saya ingin merayakan posting yg special ini dgn membuat JCC. Sebenarnya saya sdh pernah beberapa kali mencoba membuat cake ini, ada yg berhasil tetapi ada juga yg tidak. Resep dasar diambil dari Yasaboga tetapi saya modifikasi lagi sesuai dgn bahan² yg saya punya. Alhamdulilah berhasil, rasa dan tekstur kue juga tetap enak. Si abang yg tdk suka dgn kue bolu aza mau memakannya.
Bahan:
50 gr tepung terigu
50 gr maizena ---> saya pakai 20 gr

60 gr butter ---> saya pakai 45 gr butter
250 gr cream cheese ---> saya pakai 200 gr
120 ml whip cream ---> saya pakai 85 ml susu cair
3 kuning telur ---> saya pakai 5
1 butir telur ---> saya tdk pakai
1 sdt kulit jeruk Lemon ---> cari yg bio
5 putih telur
1 sdt air jeruk Lemon ---> saya pakai 1 sdm
125 gr gula pasir halus ---> saya pakai 110 gr
1/4 sdt garam


Topping:
2 sdm selai apricot
2 sdm air



Cara membuat:
1. Siapkan loyang bongpas ukuran 22 cm, alasi dgn kertas roti dan olesi dgn butter. Pasang oven dgn suhu 150°c.
2. Campur butter, cream cheese dan whip cream dlm wadah. Masak dgn api kecil atau bisa juga dgn cara di tim. Aduk hingga adonan tercampur rata. Angkat dari api.
3. Masukkan ke dua macam tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur satu persatu dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata. Sisihkan.
4. Sementara itu, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula, garam dan air jeruk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai berbentuk kerucut-kerucut tumpul ( soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dlm adonan cream cheese, aduk perlahan dan merata. Tuang adonan ini secara perlahan ke dlm sisa adonan putih telur, aduk perlahan dan merata.
6. Tuang adonan yg sdh tercampur ke dlm loyang. Panggang dgn cara au bain marie (di tim di dlm oven) sampai matang dgn permukaan kuning ke coklatan ( 50-75 menit, tergantung oven yg kalian miliki).
7. Setelah benar² dingin, lepaskan cake dari loyang. Olesi dgn selai aprikot yg dimasak bersama air. Siap utk dihias atau disantap.

Ps: Jika perlu sebelum dipanggang, selimuti loyang dgn kertas almunium foil supaya air tdk meresap ke dlm adonan.



Tidak ada komentar: