Kamis, 02 Oktober 2008

Rainbow Cake Putih Telur


So.....minggu yg lalu saya telah mencoba membuat kue lapis legit dan rupanya menyisakan putih telur yg cukup lumayan. Lalu saya mencoba membuka koleksi resep lama serta surfing diinternet. Kemudian terinspirasi untuk membuat kue yg satu ini. Rasanya cukup enak dan lembut walaupun agak membal sedikit, rasa itu merupakan ciri khas dari kue yg berbasis putih telur. Resep asli diambil dari majalah Saji, saya modifikasi sedikit dgn menambahkan vanili, parutan kulit jeruk lemon dan air jeruk lemon.


Bahan:
300 ml putih telur

150 gr gula pasir

sedikit vanili bourbon ---> saya
1/2 sdt garam
1 1/2 sdt emulfisier

20 ml air suji ---> saya tdk pakai

1/8 sdt pewarna ---> saya pakai 3 warna

1/4 sdt essen pandan ---> saya tdk pakai krn diganti lemon

50 ml santan kental ---> saya ganti dgn whipped cream cair tp yg light

180 gr tepung terigu
50 ml minyak goreng

1/2 - 1 sdt parutan kulit jeruk lemon ---> saya

1 sdm air jeruk lemon ---> saya

kacang dicincang sebagai hiasan


Cara membuat:

1. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan emulsfisier, gula sedikit demi sedikit serta vanili.

2. Matikan mixer. Masukkan tepung sedikit demi sedikit (pakai ayakan) , aduk perlahan dan merata. Setelah itu masukkan santan/whipped cream, parutan kulit jeruk dan air jeruk, aduk perlahan.
3. Terakhir masukkan minyak goreng. Aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri warna.
4. Panaskan oven 170-180°c. Olesi loyang dgn butter dan taburi tepung. Panggang kue dgn warna pertama hingga kue matang. Lalukan tahap berikutnya hingga adonan ke 2 dan ke 3 habis. Taburi bagian atasnya dgn kacang atau sukade, panggang hingga matang.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

So sorry about not having the emulsifier available here in Mexico, otherwise I would definitely bake your beautiful recipe!
This is a gorgeous blog!
marcela

Unknown mengatakan...

dear Marcela,
so sorry that i just read your comment now, cause i thougt i already answer it. if you can't find emulfisier, just skip it. and next time if you visit your home country, you can bring it to mexico. thank's for visiting my blog.